Menerka Tujuan Megawati Berikan Kue Ulang Tahun ke Guntur Soekarnoputra

Megawati-Soekarnoputri.jpg
([Dok. PDI Perjuangan])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputeri merayakan ulang tahun ke-76 bersama keluarga besarnya. Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga turut berpendapat soal makna dibalik potongan kue Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputeri saat ulang tahun ke-76.

Potongan kue ulang tahun Megawati diberikan kepada tiga tokoh, yakni eks Sekjen PDIP yang kini jadi Sekretariat Kabinet Pramono Anung, kemudian kepada kakak kandung Megawati yakni Guntur Soekarnoputra, dan terakhir ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Jamiluddin menilai, terkesan memang tidak ada yang istimewa pemberian potongan kue kepada tiga tokoh tersebut. Sebab, ketiganya orang dekat Megawati.

"Pramono dan Basuki selain memang kader PDIP, keduanya memang orang-orang yang dipercaya Megawati. Kedekatan itu ditunjukkan Megawati dengan memberikan potongan kue," kata Jamiluddin saat dihubungi, Senin (23/1/2023).

Sementara untuk Guntur, kata dia, memang sandara sedarah dengan Megawati. Sebagai kakak, wajar kiranya Megawati memberi potongan kue kepada Guntur.

Hanya saja, menurut Jamiluddin, khusus untuk Guntur, memang ada makna khusus dibalik pemberian potongan kue tersebut.


"Megawati tampaknya ingin menyampaikan pesan hubungannya dengan sang kakak baik-baik saja," ujarnya.

"Pesan itu sekaligus untuk membantah tidak ada perselisihan antara Megawati dengan kakaknya Guntur. Hubungan mereka sebagai keluarga besar putra-putri Soekarno tetap harmonis," sambungnya.


Menurutnya, Megawati ingin menyatakan tidak benar ada klaim seolah Guntur dan keluarganya yang paling layak menyandang trah Soekarno.

Dengan pemberian potongan kue kepada Guntur, Megawati dinilai ingin menyatakan keluarga besar Soekarno sangat rukun.

"Kerukunan itu diperlihatkan Megawati dengan hanya mengundang keluarga dan orang terdekat dalam ulang tahunnya ke-76," katanya.

Potongan Kue Megawati

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputeri merayakan hari ulang tahun ke-76 secara sederhana. Dalam acara tersebut Megawati melakukan potong kue lalu diberikan kepada tiga orang tokoh yang dianggap dekat.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua DPP PDIP yang juga Putri Megawati yakni Puan Maharani ditemui di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/1/2023).

"Tadi ada potong kue potong kue yang kuenya itu kue PDI Perjuangan. Gambarnya ibu lagi mau pidato jadi itu aja," kata Puan.

Ia mengatakan, potongan kue tersebut pertama diberikan kepada eks Sekjen PDIP yang Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. Pramono diberikan hal tersebut lantaran sudah dianggap sebagai keluarga.

"Potongan pertama yang kemudian mendapatkan kesempatan mendapatkan potongan pertama mas Pram karena dianggap sudah dianggap seperti keluarga seperti adik yang sudah lama dekat dengan keluarga," tuturnya.

Kemudian potongan kue kedua diberikan Megawati untuk kakak kandungnya Guntur Soekarnoputera.

Terkahir yang tak kalah spesial, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga tutut diberikan potongan kue ulang tahun oleh Megawati.

"Pak Guntur kakaknya tertua dam satu lagi kepada pak Basuki MenPUPR tiga orang itu yang mendapatkan kue dari ibu Mega," pungkasnya dikutip dari suara.com