Daniel Mananta Dekat dengan UAS Dikabarkan Mualaf, Benarkah?

Daniel-Mananta-di-rumah-UAS.jpg
(Instagram/@vjdaniel via Suara.com)

RIAU ONLINE - Daniel Mananta beberapa waktu lalu santer terdengar telah menjadi mualaf. Kabar ini muncul setelah Daniel membuat podcast dan menjalin kedekatan dengan Ustaz Abdul Somad.

Daniel menegaskan bahwa podcast-nya bersama pendakwah asal Riau itu maupun Ustaz Felix Siauw bertujuan meminimalisir masyarakat terpecah belah karena perbedaan agama.

Menurutnya, perpecahan antarmasyarakat terjadi akibat adanya ketakutan seseorang dituding pindah agama, karena berteman atau bersosialisasi dengan orang yang berbeda agama.

Ketakukan itu membentuk tembok tinggi antara masyarakat yang berbeda agama hingga muncuk pikiran negatif.

"Yang Kristen takut diislamisasi, yang Islam takut dikristenisasi. Kalau kita berdua sama-sama takut, akhirnya kita berdua membangun sebuah tembok dan akhirnya ketika di balik tembok kita mulai memikirkan hal-hal negatif orang lain," kata Daniel Mananta dalam Youtube-nya, dikutip dari Suara.com, Senin, 16 Januari 2023.


Terlebih lagi, banyak berita hoaks yang beredar terkait agama dan kaum minoritas yang kian memecah belah masyarakat.

Daniel Mananta mengaku hanya menjalin pertemanan dan berbagi ilmu dengan ustaz yang akrab disapa UAS itu. Namun bukan berarti presenter kondang itu pindah agama setelah berteman dengan UAS.

"Apa yang terjadi ketika gue ketemu sama Ustaz Abdul Somad sebagai teman aja, cuma datang, berteman. Sama ketika gue ngobrol sama Felix Siauw berteman saja, kita menjadi teman, kita membangun hubungan," jelasnya.

Akan tetapi, Daniel tak memungkiri bahwa banyak orang yang menyalahartikan pertemuannya dengan UAS untuk pindah agama. Bahkan ada pula orang-orang terdekatnya yang percaya berita hoaks tersebut.

"Tiba-tiba diputar sama orang. Tiba-tiba muncul di WA grup semuara orang bilang kalau Daniel sudah mualaf. Muka gue diphotoshop (diedit), muka istri gue diphotoshop," katanya.

Daniel Mananta bahkan mengatakan berita hoaks juga menjadi ketakutan baru bagi kaum minoritas. Sebab, semua orang seakan percaya dirinya benar-benar pindah agama.

"Kenapa itu malah diputar sama orang dan itu menimbulkan ketakutan lagi. 'Eh lo jangan kaya Daniel nanti yang ada lo malah mualaf' karena mereka percaya kalau gue mualaf," jelasnya.