Bikin Heboh Lagi, Ade Armando Sebut Anies Bakal Jadi Presiden Jika Umat Kristen Terbelah

Ade-Armando2.jpg
(YouTube/COKRO TV via Suara.com)

RIAUONLINE - Sebuah pernyataan kontroversial kembali dikeluarkan dosen FISIP Universitas Indonesia, Ade Armando. Lewat video terbarunya di kanal Cokro TV kali ini Ade membuat kehebohan tentang Pilpres 2024.

Ade Armando dalam video berdurasi 9 menit 15 detik menyinggung nama Anies Baswedan, Ganjar Prabowo, hingga umat Kristen.

Sosok yang kerap memantik kontroversial itu berkata, umat Kristen bakal menjadi bagian penting pada kontestasi Pilres 2024 mendatang.

"Umat Kristen di Indonesia memang minoritas, tapi jangan salah, umat Kristen akan memegang peran menentukan apakah Anies akan menang dalam Pilpres 2024," ujar Ade Armando sebagaimana dalam kanal video YouTube Cokro TV, seperti dikutip dari Suara.com, Kamis, 3 November 2022.

Menurutnya, Pilpres 2024 akan berjalan ketat layaknya Pilpres 2014 lalu. Sebab, suara minoritas justru akan menjadi penentu.


"Kalau umat Kristen kompak, Anies akan gagal, kalau suara umat Kristen terbelah, makan Anies akan melenggang menjadi Presiden," ucapnya.

Kata Ade, asumsinya Anies Baswedan benar-benar maju sebagai capres 2024. Dia menyebut ada empat nama yang berpotensi menjadi lawan Anies. Yakni, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Puan Maharani, dan Airlangga Hartarto.

"Survei-survei tentang kredibilitas masih menempatkan Ganjar di atas Anies Baswedan," katanya lagi.

Meski menurut survei Ganjar unggul atas Anies, kondisi itu belumlah aman. Karenanya, kata Ade, agama sangat menentukan.

"Walaupun suara umat Muslim terbelah, tapi lebih condong ada kecenderungan ke arah Anies," ujar dia.

Di sisi lain, Ade melihat umat Kristen lebih cenderung memberikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo. Sehingga, jika umat Kristen tidak kompak (mendukung Ganjar), maka Anies akan menang di Pilpres 2024.