Kasus Pengedaran Narkoba Polisi Terkaya dikawal Pengacara Top Indonesia

Hotman-Paris.jpg
(istimewa)


RIAUONLINE - Hotman Paris ditunjuk Irjen Teddy Minahasa sebagai kuasa hukum barunya dalam menghadapi perkara kasus pengedaran narkoba. Kabar ini bahkan telah dibenarkan sendiri oleh Hotman.

Hotman mengatakan, sebenarnya Teddy sejak awal telah memintanya. Namun, Hotman belum memberikan jawaban karena kesibukannya saat itu.

"Sebenarnya dari awal kasus aku udah diminta sama beliau (Teddy Minahasa), cuma saya lagi sibuk di Bali merayakan ultah saya. Jadi saya belum bisa jawab," kata Hotman saat dikonfirmasi, seperti dikutip dari Suara.com, Minggu, 23 Oktober 2022.

Namun demikian, Hotman enggan terburu-buru memberikan pandangan terkait kasus yang menyeret polisi terkaya di Indonesia itu.

"Karena saya masih di jalan dari Bali ke Jakarta. Selama ini asisten saya yang temui dia. Tapi yang jelas aku kenal TM (Teddy Minahasa) jauh sebelum Corona, waktu dia masih Karopaminal Propam Polri," kata pengacara top tersebut.

Sebelumnya, Henry Yosodiningrat yang di awal ditunjuk sebagai kuasa hukum Irjen Teddy Minahasa, memastikan Teddy tidak akan mengajukan praperadilan atau penetapan tersangka terhadapnya. Kendati begitu, dia membantah bahwa Teddy terlibat dalam pengedaran narkoba jenis sabu.

"Tidak ada (rencana mengajukan praperadilan)," kata kuasa hukum Teddy, Henry Yosodiningrat saat dikonfirmasi, Jumat, 21 Oktober 2022.


Henry menyebut pihaknya mempersilakan penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya untuk melakukan penyidikan secara leluasa. Hal tersebut juga yang menjadi dalihnya belum terpikirkan untuk mengajukan praperadilan.

Irjen Teddy Minahasa Putra disebut-sebut sebagai anggota polisi paling terkaya se-Indonesia versi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2022. Irjen Teddy akhirnya buka suara terkait kekayaannya yang disebut mencapai Rp 29,9 miliar tersebut.

Ia membantah disebut sebagai polisi terkaya versi LHKPN tahun 2022 oleh beberapa media online.

"Hitung-hitungannya bagaimana? Kita belum tahu apakah media itu secara fair membuka data LHKPN seluruh anggota Polri, kan belum," kata Kapolda Sumbar.

Dari pantauan di situs elhkpn.kpk.go.id, pada periode 2021, diketahui total harta kekayaan Teddy Minahasa sebesar Rp29,97 miliar. Mayoritas, harta kekayaannya berasal dari tanah dan bangunan.

Tercatat, Teddy memiliki tanah dan bangunan yang tersebar di 53 titik wilayah, tepatnya ada di Kabupaten Pandeglang, Pasuruan, Pesawaran, dan Kota Malang. Harta tanah dan bangunannya senilai Rp25,81 miliar.

Untuk alat transportasi dan mesin senilai Rp2,07 miliar dengan rincian, satu mobil Jeep Wrangler tahun 2016, satu mobil Toyota FJ 55 tahun 1970, satu mobil Toyota Land Cruiser HDJ 80R tahun 1996, dan satu motor Harley Davidson Solo tahun 2014.

Selain itu, Teddy punya harta bergerak lainnya senilai Rp500.000.000. Kemudian mempunyai surat berharga senilai Rp62.500.000. Sedangkan, harta kas atau setara kas senilai Rp1,52 miliar.

Pada tahun 2021, Teddy tak tercatat memiliki utang. Artinya, total kekayaannya sebesar Rp29.974.417.203.