Diterjang Banjir Hebat, Pelinggih di Sungai Taksu Tetap Berdiri Kokoh

Pelinggih.jpg
(beritabali.com)

RIAU ONLINE, DENPASAR-Diterjang banjir hebat, Pelinggih di Sungai Taksu tetap berdiri kokohAda fenomena tak biasa di Tukad (Sungai) Taksu yang terletak di Banjar Dinas Nangka, Desa Bhuanagiri, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali beberapa hari yang lalu.

Pada tukad ini ada sebuah bangunan pelinggih berbentuk Padma yang berdiri tepat di tengah-tengah alur Tukad Taksu yang kini tetap berdiri kokoh meski diterjang banjir besar beberapa hari yang lalu.

Dilihat dari suasana di sekitar pelinggih tersebut, jejak deras aliran banjirnya masih terlihat.

Dengan melihat posisi pelinggih yang berada di tengah-tengah sungai, sangat kecil kemungkinan akan tetap berdiri kokoh seperti semula.


Namun yang ajaib, selain tetap berdiri kokoh, kain poleng yang melingkari bangunan pelinggih serta pajeng (payung) yang terpasang di sampingnya juga nampak masih utuh pada posisi semulanya.

Menurut warga setempat, I Wayan Sudarma, fenomena itu bukan yang pertama kali terjadi. Pelinggih tersebut juga tetap kokoh bahkan terjadi sejak banjir lahar hujan saat erupsi gunung agung lalu dikutip dari suara.com

"Karena sulit dipahami, kami meyakini itu karena kehendak beliau dan juga karena terletak tidak jauh dari Pura Penataran Agung Nangka," ujar Sudarma.