PKS Sodorkan Ahmad Heryawan Dampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024

Ahmad-Heryawan.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Wakil Ketua Majelis PKS, Ahmad Heryawan disodorkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan. Walau begitu, keputusan tersebut belum final.

Juru Bicara PKS, Muhammad Kholid mengatakan, usulan nama mantan Gubernur Jawa Barat itu adalah saran alternatif dari PKS yang nantinya dibahas lebih lanjut oleh tim kecil.

“PKS usulkan Ahmad Heryawan, namun kami juga membuka alternatif pilihan lain,” ucap Kholid, dikutip Rabu (19/10/2022).

Kholid menegaskan kembali bahwa nama Ahmad Heryawan masih sebatas usulan dan belum final. PKS membuka semua kemungkinan terkait siapa capres dan cawapres yang akan diusung.

Diketahui, PKS kekinian semakin intens menjamin penjajakan koalisi dengan NasDem dan Demokrat.


“Ya dalam komunikasi politik harus inklusif dan lebih fleksibel,” tutur Kholid.

Sebelumnya, bakal calon presiden Partai NasDem, Anies Baswedan memaparkan tiga kriteria sosok calon wakil presiden yang dicarinya untuk maju di Pilpres 2024.

Awalnya, Anies mengatakan tidak ada ketentuan apapun bagi dirinya untuk menentukan cawapresnya. Termasuk baik dari partai koalisi ataupun non partai koalisi.

“Saya rasa tidak ada ketentuan apapun, kita lihat,” ucap Anies ditemui di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

Anies lalu menegaskan soal kriteria sosok cawapres yang dicarinya. Pertama, menurutnya cawapresnya harus bisa memberikan kontribusi kemenangan.

“Saya lihat tiga kriterianya. Satu memberikan kontribusi dalam proses pemenangan,” katanya dikutip dari suara.com

Anies melanjutkan, poin kedua adalah sosok cawapresnya harus memperkuat koalisi. Terlebih harus bisa menjaga stabilitas koalisi.

“Ketiga, bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif. Tiga pertimbangan itu yang menjadi faktor dan nama belum ada,” tandasnya.