Viral Joko Kerdil, Pria Berpakaian Pendekar Ngaku Tunggangi Macan Putih

Joko-Kerdil.jpg
(Instagram)


RIAUONLINE - Kemunculan pria berpakaian serba hitam yang menghebohkan media sosial. Pria itu dijuluki Joko Kerdil yang konon memiliki kekuatan spiritual.

Di media sosial banyak yang menulis dan kian ramai dengan baragam dugaan. Sebuah informasi yang diunggah ke media sosial menyebutkan bahwa Joko Kerdil merupakan sosok yang memiliki spiritual, sehingga ia mampu berjalan kaki dengan cepat dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Selain itu, ada pula yang menyebut bahwa Joko Kerdil tidak sedang berjalan kaki melainkan menunggangi macan putih ayng tak kasat mata.

Belakangan diketahui, Joko Kerdil ternayta adalah orang desa. Ia pria biasa bernama Kusnan dari Dusun Ngramut, Kelurahan Manduran, Kecataman Brati, Kabupaten Grobogan. Ia sudah berjalan jauh atau menjadi musafir sejak berusia 19 tahun.


Kusnan diduga sudah menikah. Namun, istrinya meninggal dunia dan di makamkan di dusunnya. Dalam sebuah wawancara yang dilansir dari Suara.com, Minggu, 9 Oktober 2022, Kusnan mengaku melakukan perjalanan setelah mendapat wejangan dari sang guru, seorang kyai dari Demak.

Kusnan alias Joko Kerdil menyebut gurunya bernama Kyaii Hadi Guntur dari Demak. Sejak melaksanakan wejangan tersbeut, Kusnan alias Joko Kendil hidup berpindah-pindah. Ia memenuhi kebutuhan mandi dan buang air di masjid yang terjangkau olehnya.

Sementara itu, Nusantara memang memiliki cerita rakyat tentang Joko Kerdil yang terkenal. Aslinya, Joko Kerdil merupakan cerita rakyat dari Jawa Tengah, yang dahulu disampaikan dalam bahasa Jawa. Namun sudah banyak yang mengalihbahasakannya menjadi bahasa Indonesia sehingga bisa disimak siapa saja.