Anies Siap Jadi Presiden tapi PKB Tak Yakin Dapat Partai Pengusung

Anies-AHY-Surya-Paloh-Jusuf-Kalla.jpg
((Foto: Twitter/Andi Arief))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Anies Baswedan menyatakan diri siap menjadi Presiden bila diusung partai. Namun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak yakin Anies Baswedan bakal gampang mendapatkan partai pengusung pendukung di Pilpres 2024.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menanggapi kesiapan Anies untuk maju menjadi calon presiden. Jazilul mengatakan bahwa sudah menjadi hak Anies untuk memilih dan menginginkan diri menjadi capres.

"Tidak mudah untuk mencari partai yang nanti akan mengusung Pak Anies. Dan bagi PKB semakin banyak calon makin baik karena pesta demokrasi ini harus menjadi bagian dari kehangatan dalam partisipasi," kata Jazilul kepada wartawan, Senin (19/9/2022).

Jazilul menegaskan bahwa PKB tidak masalah dengan kehadiran Anies yang kini sudah siap mencalonkan diri.

Meski Anies siap maju di Pilpres 2024, namun mantan Mendikbud itu disebut bakal kesulitan dapat dukungan parpol karena bukan kader. Kendati saat ini ada NasDem yang memasukan Anies sebagai salah satu dari tiga capres rekomendasi.

"Bukan (Anies) tidak menarik. Saya tidak yakin Pak Anies mendapatkan partai yang akan mengusung. Kalau PKB dan Gerindra itu sudah memilih komitmen terkait dengan calon presiden dan wakil presiden itu dibahas oleh Pak Prabowo dan Gus Muhaimin," kata Jazilul.


"Sampai hari ini tidak ada satupun partai yang (beri dukungan), hanya baru ada satu partai ya, yang mendukung Pak Anies, Partai Nasdem," tandas Jazilul.

Anies Siap Maju

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan diri siap maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Namun, ia akan ikut dalam kontestasi politik itu, apabila ada partai yang mengusung.

Pernyataan ini Anies sampaikan kepada media Reuters Singapura. Anies diketahui beberapa hari belakangan berada di Singapura untuk menerima penghargaan dan kegiatan lainnya.

"Saya siap maju sebagai presiden bila ada partai yang mengusung," ujar Anies mengutip pemberitaan Reuters Singapura, Jumat (16/9/2022).

Selama menjabat sebagai Gubernur DKI, banyak lembaga survei yang menyebut Anies memiliki elektabilitas tinggi berdasarkan hasil jajak pendapat. Nama Anies masuk tiga besar Capres potensial nasional. Dua nama lainnya, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Anies sendiri mengaku kaget karena elektabilitasnya yang meroket dikutip dari suara.com

"Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye. Saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas," katanya.