Sepak Terjang Azwar Anas, Bakal Dilantik Jadi MenPAN RB Pengganti Tjahjo

Azwar-Anas.jpg
(Liputan6.com)


RIAUONLINE - Abdullah Azwar Anas bakal dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB) menggantikan Tjahjo Kumolo. Rencananya, pelantikan akan digelar Rabu, 7 September 2022, pukul 13.30 WIB.

Setelah dua bulan lebih Jokowi tak kunjung mengungkap nama pengganti Tjahjo, Azwar menjawab teka teki sebagai Menpan RB baru.

Sekjen PDIP Hasto Kristyanto sebelumnya menyebut bahwa Megawati telah mengirim nama tak lebih dari lima kepada Jokowi.

Azwar Anas memang seringkali disebut sebagai Kepala Daerah yang berprestasi. Sejumlah penghargaan sudah disabet Bupati Banyuwangi dua periode tersebut.

 

 


Azwar Anas lahir di Banyuwangi pada 6 Agustus 1973. Kini, ia menjabat Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak 13 Januari 2022.

Sebelumnya, Azwar merupakan Bupati Banyuwangi dua periode. Dia memimpin Kota Wisata itu sejak 21 Oktober 2010 sampai 17 Februari 2021.

Dalam catatan organisasi, ia pernah menjabat Ketua Umum Ikatan Nahdlatul Ulama masa bhakti 2000-2003, seperti dilansir dari Kumparan, Rabu, 7 September 2022.

Di bidang politik, Azwar pernah menjadi anggpta MPR termuda yang dilantik saat usaianya 24 tahun. Ia juga pernah menjadi anggota DPR RI 2004-2009 saat masih berseragam PKB.

 

 

Azwar Anas telah meraih sederet prestasi, tampak dari perhargaan yang dilayangkan untuk Kabupaten Banyuwangi. Di antaranya, terpilihnya Banyuwangi sebagai kabupaten terinovatif se-Indonesia dalam pengukuran indeks inovasi daerah oleh Kementerian Dalam Negeri.

Selain itu, Banyuwangi menjadi kabupaten pertama yang memiliki Sisteim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SIKAP) dengan nilai A. Kemudian, Banyuwangi juga menyabet Juara UNWTO (Badan PBB untuk Pariwisata) untuk kebijakan publik bidang pariwisata terbaik di dunia.