Keputusan di Tangan Jokowi, Pangganti Tjahjo Kumolo Masih Teka-Teki

Menpan-RB-Tjahjo-Kumolo.jpg
(Setkab.go.id)


RIAUONLINE - Sosok yang akan menggantikan Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) masih menjadi teka-teki. Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022 karena infeksi yang menjalar ke paru-paru hingga ginjal.

Sementara, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Mahfud MD sebagai Mentari PAN RB ad-interim untuk mengisi kekosongan.

Lantas, siapa pengganti Tjahjo Kumolo?

Anggota DPR Fraksi PDIP, Hendrawn Supraktikno mengatakan pengganti Tjahjo Kumolo merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Wah itu [pengganti Tjahjo] ranah kewenangan Ketum," kata Hendrawan, melansir Kumparan, Senin, 4 Juli 2022.


Ketika ditanyai terkait sudah ada atau belum pembicaraan tentang sosok yang akan menggantikan Tjahjo di internal PDIP, Hendrawan mengaku tidak tahu.

"Saya tidak tahu. Kita kenang dulu jasa-jasa Pak Tjahjo yang rajin mengajari kita tentang etika berpolitik," tutur Hendrawan.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat menyatakan, partainya masih belum memikirkan pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menteri PAN RB.

Saat ini, kata Djarot, keluarga besar PDIP termasuk Ketum Megawati, masih dalam suasana berduka setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia.

"Belum kita masih dalam suasana berduka ya. Berduka karena Pak Tjahjo ini seorang tokoh yang hidupnya, pengabdiannya, betul-betul untuk bangsa negara dan senior partai yang benar-benar membantu Ibu Megawati dan membesarkan PDI Perjuangan. Jadi kita masih dalam suasana berduka," ujar Djarot kepada wartawan di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Minggu (3/7).

Dikatakan Djarot, PDIP akan menyerahkan seluruh keputusan terkait pengganti Tjahjo Kumolo sebagai MenPAN-RB kepada Presiden Jokowi.

"Tentu saja kita sadari maklumi bahwa itu adalah kewenangan dari Pak Jokowi. Tapi marilah kita berdoa agar Pak Tjahjo itu diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan ya dan pada keluarganya diberikan kekuatan ketabahan ya," ucap Djarot.