Profile MenPANRB Tjahjo Kumolo yang Meninggal karena Infeksi Paru

Menpan-RB-Tjahjo-Kumolo2.jpg
(Iqbal Firdaus/kumparan)

RIAU ONLINE, JAKARTA-MenPANRB Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Tjahjo Kumolo meninggal di RS Abdi Waluyo pada pukul 11.10 WIB. Tjahjo beberapa hari terakhir dirawat sakit karena infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya.

Tjahjo meninggal dunia pada usia 64 tahun. Semasa hidupnya, perjalanan karier Tjahjo cukup moncer di dunia politik dan pemerintahan.

Dalam pemerintahan Presiden Jokowi, Tjahjo dipercaya memegang dua kementerian. Pada pemerintahan Jokowi periode pertama, Tjahjo ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri.


Lalu, Tjahjo kembali dipercaya oleh Jokowi dalam pemerintahan periode keduanya dan ditunjuk sebagai MenPANRB hingga tutup usia.
Pria kelahiran Surakarta, 1 Desember 1957 ini juga merupakan politikus senior PDIP. Tjahjo tercatat pernah menjadi Sekjen PDIP pada tahun 2010. Lalu, ia pernah menjadi Ketua DPP PDIP dan Ketua Pemenangan Pemilu DPP PDIP.

Selain itu, Tjahjo juga pernah menjadi Ketua Fraksi PDIP DPR pada tahun 2004-2010, Sekretaris Fraksi PDIP DPR 2002-2023 dan Wakil Sekretaris Fraksi Tjahjo juga pernah menjadi anggota DPR Fraksi Golkar pada tahun 1987 - 1992 dikutip dari kumparan.com

Tjahjo merupakan lulusan Fakultas Hukum Undip Semarang pada tahun 1985. Dia juga tercatat pernah mengambil kursus singkat di Angkatan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) tahun 1994.

Tjahjo meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak. Selamat jalan Tjahjo Kumolo.