Perbedaan Meja saat Vladimir Putin Terima Jokowi dan Presiden Prancis

Putin-dan-Jokowi2.jpg
(@budimandjatmiko)

RIAU ONLINE, MOSKOW-Presiden Joko Widodo disambut  Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin. Politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko membanding-bandingkan saat Putin menjamu Jokowi dengan ketika Putin menerima Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Budiman menyampaikannya dalam akun Twitternya @budimandjatmiko pada Kamis (30/6/2022). Budiman mengunggah sebuah foto perbandingan.

Di bagian atas, tampak ketika Putin berdiskusi dengan Jokowi. Kedua pejabat negara itu terlihat duduk di kursi.

Jarak antar keduanya hanya terpisah meja kecil. Di atas meja kecil itu terdapat kertas, pulpen, dan hiasan bunga.

Keduanya tampak bercengkrama. Terlihat senyuman terpampang jelas di wajah Jokowi.

Sementara itu, pada foto bagian bawah, tampak Vladimir Putin tengah menerima Emmanuel Macron. Macron tampak mengenakan masker.

Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)


Foto: Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Keduanya terlihat berdiri. Ada meja panjang yang memisahkan antara Putin dan Macron. Usut punya usut, rupanya kala itu, Macron sengaja duduk berjauhan dari Putin.

Pasalnya, Macron menolak untuk menjalani tes virus Corona (COVID-19) oleh Kremlin.

French President Emmanuel Macron (R) meets with Russian President Vladimir Putin (L) in Moscow on February 7, 2022, for talks in an effort to find common ground on Ukraine and NATO, at the start of a week of intense diplomacy over fears Russia is preparing an invasion of its pro-Western neighbour. (Photo by SPUTNIK / AFP)

Saat Presiden Prancis, Macron, bertemu Vladimir Putin (Foto: SPUTNIK/AFP)


Di foto lainnya, Putin terlihat menerima Kanselir Jerman, Olaf Scholz. Keduanya terlihat duduk di kursi namun dipisahkan meja yang sangat panjang, tampak seperti meja yang sama ketika Putin menjamu Macron.

"(Foto) Bawah: saat Putin menerima Macron (dari negerinya Napoleon yang menyerbu Rusia) & Olaf Scholz (dari negerinya Hitler yang menyerbu Rusia)," tulis Budiman di akun Twitternya.

"Atas: saat Putin menerima pak @jokowi (dari negerinya Bung Karno, sohib lama Rusia)," kata Budiman.

Budiman menyebut sejarah dan bahasa tubuh antar Jokowi dan Putin tak akan pernah bohong.

"Beda saat menerima Presiden Prancis di meja panjang dengan kursi berjauhan, saat jumpa dengan pak @jokowi, Vlad Putin menerimanya di kursi berdekatan," tulisnya.

Diketahui, saat bertemu Putin, Jokowi menyampaikan siap menjadi jembatan komunikasi antara Putin dan Presiden Ukraina, Zelensky. Meski situasi saat ini masih sangat sulit, Jokowi mengatakan penyelesaian damai sangat penting untuk terus dikedepankan

"Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut," ucap Jokowi dikutip dari detik.com