Dokter Sarankan Pria Buang Air Kecil Sambil Duduk karena Lebih Sehat

Buang-Air-kecil.jpg
((shutterstock))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pria biasanya buang air kecil dengan cara berdiri karena memang lebih cepat dan mudah untuk mereka.

Namun, buang air kecil dengan cara berdiri juga bukan suatu kemewahan bagi pria. Cara buang air kecil ini justru tidak baik untuk kesehatan.

Buang air kecil berdiri bisa menimbulkan beberapa risiko. Banyak ahli urologi berpendapat bahwa sudah waktunya pria belajar buang air kecil sambil duduk agar tidak menderita masalah kesehatan jangka panjang.

Buang air kecil sambil duduk justru juga dianjurkan pada pria, terutama mereka yang memiliki masalah prostat.

Studi tahun 2014 oleh Pusat Medis Universitas Leiden di Belanda menemukan cara ini bisa memungkinkan mereka buang air kecil dengan kekuatan yang lebih besar.

Di sisi lain, buang air kecil sambil berdiri justru merangsang otot-otot di perut bagian bawah, panggul dan tulang belakang yang membuat buang air kecil lebih sulit.


"Duduk adalah pilihan yang lebih baik untuk pria dengan kondisi prostat atau pria yang tidak bisa berdiri untuk waktu yang lama," kata Dr Jesse N. Mills, Associate Clinical Professor di UCLA Department of Urology, dikutip dari Daily Star.

Banyak pria duduk untuk buang air kecil jika mereka tidak bisa mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.

Saat buang air kecil dengan duduk, Anda bisa menggunakan otot perut lebih maksimal dan mengeluarkan kencingnya hingga tuntas.

Studi lebih lanjut telah menemukan bahwa kencing sambil duduk juga membantu menurunkan risiko komplikasi pada pria dengan masalah prostat, seperti batu kandung kemih dan kista.

Namun, buang air kecil sambil duduk bukanlah suatu keharusan mutlak bagi semua pria setiap kali kencing.

"Selama seorang pria merasa sudah bisa mengosongkan kandung kemih dengan cara berdiri, itu baik-baik saja," kata Dr Mills dikutip dari suara.com

Jika tidak, mereka bisa konsultasi dengan ahli urologi untuk memastikan tidak ada penyumbatan yang membuatnya perlu duduk dan menghasilkan kontraksi perut itu untuk mengosongkan.

Ada baiknya, Anda mencoba membiasakan diri untuk buang air kecil sambil duduk. Dengan begitu, Anda bisa menghindari beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan hal tersebut.