Kabar Baik, Minyak Goreng Harga Rp14 Ribu Bakal Dijual di Minimarket

Iptu-Budi-Winarko.jpg
(Dok Polresta Pekanbaru)


RIAU ONLINE - Minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu akan dijual di Minimarket. Pemasoknya adalah pemerintah melalui Kementerian Perdagangan.

Upaya dilakukan untuk menjamin dan memudahkan masyarakat dalam membeli bahan pokok dengan murah.

Program minyak goreng curah seharga Rp14 ribu per liter atau Rp15 ribu per kg, saat ini hanya bisa didapatkan di toko atau warung pangan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Kini, sudah terdapat 13.968 toko atau warung pangan yang bekerja sama untuk mendistribusikan minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, jumlah tersebut akan terus bertambah.

"Kalau sudah dikemas dengan pengemasan yang baik, harga ditulis Rp14 ribu. Kalau sudah kemasan, pasarnya akan lebih luas, bisa masuk di supermarket-supermarket," kata Mendag Zulkifli Hasan, dikutip dari Suara.com, Rabu, 22 Juni 2022.

Mendag yang akrab dengan sapaan Zulhas ini mengatakan, pihaknya tengah dalam proses memproduksi minyak goreng curah kemasan sederhana dengan harga Rp14 ribu.


Nantinya, minyak goreng kemasan itu bisa didistribusikan di supermarket dan minimarket agar lebih banyak masyarakat yang bisa menjangkau minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter.

"Kalau curah, toko semacam minimarket nggak mau jual, tapi kalau sudah dikemas, mereka akan mau. Jadi akan lebih banyak lagi. Makanya doakan Insya Allah dua minggu, minyak Rp14 ribu ada di mana-mana, tidak akan menjadi isu lagi, karena sudah tersedia dengan baik," kata Mendag Zulhas.

Mendag menyebut bahwa pemerintah menyiapkan 300 ribu ton minyak goreng per bulan untuk program minyak goreng Rp14 ribu per liter.

Jumlah tersebut masih lebih banyak dari total kebutuhan konsumsi minyak goreng masyarakat per bulannya.

Dia mengatakan saat ini proses produksi minyak goreng kemasan sederhana sedang dalam tahap penerbitan izin edar dari Badan POM RI.

Produsen dapat langsung memproduksi minyak goreng kemasan sederhana, setelah izin edar diterbitkan.

Minyak goreng curah kemasan sederhana yang dijual dengan harga Rp14 ribu per liter tersebut bermerek Minyak Kita.

Dengan hadirnya minyak goreng kemasan seharga Rp14 ribu per liter, masyarakat dapat beralih pada produk yang lebih terjangkau.