Unggah Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi, Roy Suryo Tuai Kecaman

Roy-Suryo6.jpg
((Instagram/@niluhdjelantik))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Roy Suryo, kembali bikin heboh warganet. Pasalnya Roy Suryo baru-baru ini mengunggah sejumlah foto editan stupa Candi Borobudur.

Lewat unggahan Twitter yang kini telah dihapus olehnya, Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, ini tampak mengunggah foto stupa Candi Borobudur yang sudah diedit menyerupai wajah Presiden Joko Widodo.

"Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja twit-nya. Sejalan dengan protes rencana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50 ribu) ke 750 ribu yang (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, banyak kreativitas netizen mengubah salah satu stupa terbuka yang ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x. AMBYAR," tulis Roy Suryo.

Bersama caption tersebut, Roy Suryo terlihat mengunggah dua foto stupa Candi Borobudur yang sudah diedit sehingga tampak seperti wajah Jokowi. Foto itu pun sejatinya merupakan hasil edit dari warganet lain yang diunggah ulang oleh Roy Suryo.

Meski telah dihapus, tangkapan layar postingannya itu sudah beredar di berbagai platform media sosial, termasuk diunggah ulang oleh akun Instagram Niluh Djelantik.

Postingan Roy Suryo Menuai Banyak Kritikan

Desainer sekaligus pengusaha sepatu kenamaan Ni Luh Djelantik menjadi salah satu yang ikut mengkritik Roy Suryo.


Ia menilai unggahan tersebut bisa menimbulkan perpecahan dari segi keagamaan, apalagi karena Indonesia mengakui keberagaman keyakinan termasuk Buddha.

"Si tukang twit ini bisa memilih menutup mulutnya demi menjaga perdamaian, tapi dia malah seolah ikut menyakiti sesama dengan menyebarkan foto diatas di akunnya. Mungkin dia lupa bahwa negara ini mengakui 6 agama dan juga penganut kepercayaan dengan setara dan sama derajatnya," tulis Niluh Djelantik.

"Terserah lah anda mau nyinyir dan kritik kebijakan pemerintah dalam bentuk apapun postingan anda, tapi tidak bisa seperti di gambar itu dong Roy .. Anda masih waras tidak? Guyonan anda itu anda fikir lucu ..? Membuat guyonan dengan gambar stupa yang di jadikan umat budha sebagai sarana untuk mendekatkan dir kepada Tuhan," komentar @albaqir.official.

"Seneng banget rupanya bapak ini... ga ada yang lucu pak, kurang ajar iya," kata warganet.

"Ini sama aja penistaan agama bukan sih?" sambung yang lainnya.

Roy Suryo Sudah Menghapus Postingannya

Dipantau Suara.com pada Selasa (14/6/2022), mantan menteri yang juga ahli telematika itu sudah menghapus postingannya.

Roy Suryo hapus dan klarifikasi soal postingan stupa Candi Borobudur diedit mirip Jokowi. (Twitter/@KRMTRoySuryo2)


Roy Suryo hapus dan klarifikasi soal postingan stupa Candi Borobudur diedit mirip Jokowi. (Twitter/@KRMTRoySuryo2)

"Agar tidak ada yang memprovokasi lagi dan dianggap 'mengedit' karena ketidakfahamannya, maka postingan tersebut saya drop, case close. Jelas-jelas ada 2 akun ASLI pengunggah sebelumnya," tuturnya, sembari menambahkan link menuju postingan asli pengunggah foto editan dikutip dari suara.com

Roy Suryo menegaskan bahwa foto editan itu bukanlah editannya. Ia malah mengunggah ulang foto editan tersebut, lengkap dengan identitas akun asli pengunggahnya.