Jokowi Resmi Lantik Pimpinan BPIP 2022-2027, Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah

Jokowi23.jpg
((Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden).)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Presiden Jokowi resmi melantik jajaran pimpinan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Masa Jabatan Tahun 2022 – 2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6/2022). Jokowi juga melantik Megawati Soekarnoputri yang kembali menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP.

Melalui siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, proses pelantikan dimulai pada pukul 13.35 WIB. Memulai proses pelantikan, Jokowi memasuki ruangan dilanjutkan dengan pengumandangan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, Kepala BPIP Yudian Wahyudi dan Wakil Kepala BPIP Karjono beserta jajaran Dewan Pengarah mengucapkan sumpah jabatan dengan mengikuti pernyataan yang disampaikan Jokowi.

"Sebelum saya mengambil sumpah janji berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara, bersediakah saudara-saudara mengucapkan sumpah janji menurut agama masing-masing?," tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab para dewan pengarah dan pimpinan BPIP.


Kemudian Jokowi membacakan sumpah jabatan seraya diikuti oleh jajaran pimpinan BPIP 2022-2027.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam menjakankan tugas dan kehidupan sehari-hari. Bahwa saya, akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya kan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela sehingga saya menjadi teladan insan pancasilais," tuturnya.


Sumpah jabatan yang disampaikan Jokowi tersebut lantas dibacakan ulang baik oleh kepala dan wakil kepala dan dewan pengarah BPIP dikutip dari suara.com

Berikut merupakan daftar pimpinan BPIP 2022-2027 yang dilantik Jokowi siang ini:


1. Kepala BPIP Yudian Wahyudi

2. Wakil Kepala BPIP Karjono
3. Dewan Pengarah:

- Megawati Soekarnoputri (Ketua)
- Try Sutrisno (Wakil Ketua)
- Said Aqil Siroj
- M Amin Abdullah
- Andreas Anangguru Yewangoe
- Wisnu Bawa Tenaya
- Sudhamek
- Rikard Bagun