Sering Dengarkan Salawat, Komedian Ini Akui Belajar Islam

Boris-Bokir.jpg
(Munady Widjaja via Kumparan.com)

 

RIAU ONLINE - Komedian, Boris Bokir diam-diam tengah mempelajari agama Islam. Kendati tumbuh sebagai non Muslim, Boris mengaku kerap mendengar salawat ketika senggang.

"Saya sering loh dengar salawatan, sering banget," ungkap Boris Bokir kepada Habib Jafar di kanal YouTube Jeda Nulis, melansir Suara.com, Senin, 6 Juni 2022.

Boris Bokir mengaku tertarik mendengar salawat karena suka dengan alunan musik yang dijadikan latar belakang pelafalan.

Tak hanya mendengarkan, ternyata Boris Bokir juga mengatahui arti dari lantunan salawat yang sering ia dengarkan tersebut.

"Kebetulan waktu itu lihat di YouTube, di situ ada bahasa Arab sama Indonesianya, jadi mau nggak mau kan, 'Oh, ini artinya?'," terang Boris Bokir.


Boris Bokir mengatakan setelah mengetahui makna salawat yang kerap didengarkannya, dirinya mendapat pelajaran bahwa Islam salah satu agama yang menyejukkan hati.

"Setelah tahu artinya, tidak menjadi alergi juga. Malah, 'Oh, sejuk ya'," akunya seraya tertawa.

Kendati begitu, Boris Bokir memilih menjadikan hal itu sebagai pelajaran semata. Ia seolah hendak menunjukkan kepada masyarakat bahwa perpindahan keyakinan seseorang tidak bisa diukur sebatas dari keinginan mencari ilmu agama lain.

"Akunya biasa saja kok," ucap lelaki yang juga dikenal sebagai aktor layar lebar.

Sebelumnya, Boris Bokir berbagi cerita tentang dirinya yang ternyata akrab dengan ajaran Islam sejak kecil.

"Aku kecil lahir di Bandung. Jadi depan rumah aku itu ada lapangan, dan di depannya lagi ada masjid, Al Ikhlas namanya. Jadi memang tiap hari aku dengar kumandang azan, orang tahlilan, salawatan, itu semua saya dengar dari kecil," kenang dia.

Kondisi itu bahkan membuat Boris Bokir hafal beberapa surat Al Quran serta doa-doa dalam ajaran Islam.