Rilis September, Ini Bocoran Harga iPhone 14, Sokong iOS 16 Lebih Responsif

iPhone-12.jpg
(Kredit: Phone Arena)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Apple dikabarkan akan kembali merilis ponsel seri terbarunya, yaitu iPhone 14. Kabarnya, iPhone 14 akan dirilis pada bulan September 2022 mendatang.

Seorang penggiat ponsel, Mark Gurman dikutip dari The Verge, Apple disebut akan mengenalkan iPhone 14 Pro dan Pro Max dengan iOS 16 yang lebih responsif.

Gurman mengatakan iPhone 14 Pro dan Pro Max baru menyematkan teknologi penghemat baterai yang sama seperti Apple Watch Series 5. Namun, untuk teknologi layarnya masih belum bisa terungkap. Diprediksi sudah menggunakan layar low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) untuk fitur refresh rate yang dinamis. Refresh rate dinamis ini diakui akan berubah mengikuti aktivitas di ponsel.

iPhone 14 akan dibekali dengan berbagai perangkat andalan. iPhone 14 akan memiliki body ponsel yang besar yaitu 6,1 inci, sementara untuk iPhone 14 Max 6,7 inci. Mengutip dari lifewire.com, iPhone 14 nantinya akan dirancang dengan chip A16 bionic.

Layar always on display bukan satu-satunya fitur yang dikatakan eksklusif untuk iPhone 14 Pro dan Pro Max, alias masih fitur baru yang bakal tersedia pada seri terbarunya.


Apple akan mengumumkan sejumlah perubahan lain di Worldwide Developers Conference (WWDC) yang digelar pada 6-10 Juni 2022.

Sejalan dengan prediksi sebelumnya, Gurman percaya Apple dapat memperkenalkan fitur windowing dan multitasking yang ditingkatkan pada iPad.

Dia mengutip temuan dari pengembang Steve Troughton-Smith, yang baru-baru ini menemukan Apple sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan pengguna mengubah ukuran windows dengan leluasa.

Gurman memperkirakan Apple akan mengubah menu System Preferences untuk membuatnya lebih seperti aplikasi Pengaturan di iOS.

Meski demikian, Gurman mengingatkan jika prediksi iPhone 14 ini tidak betul-betul valid, tetap harus menunggu waktu peluncuran pada September 2022, dikutip Mac Rumors.

Spesifikasi lengkap iPhone 14:
- iOS 16
- Display Size 6,1 inci
- CPU Apple M1 Octa core
- RAM 8 GB (Penyimpanan 128/256/512 GB / 1 TB)
- Dual camera: 12+12 MP
12 MP (wide), dual pixel PDAF, sensor-shift stabilization (IBIS), f/1.5 . aperture
12 MP, 13mm (ultra wide), AF, f/1.8
-HDR 3
- Kamera depan 12 MP (wide), f/2.2
- Panoramic shooting
- Ukuran rangka ponsel 160.8 x 78.1 x 7.65 mm
- Berat 238 gram
- Rangka terbuat dari Ceramic front, Corning Gorilla glass back, Stainless steel frame
- Layar Super Retina XDR OLED touch screen
- Baterai Lithium-ion battery (Fast Charging 20W)
- Fitur lain (HDR screen, True Tone technology, Dolby Vision, Face ID LiDAR Scanner).

iPhone 14 nantinya dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp 11,6 jutaan.