Kritik KPK Tak Kunjung Tangkap Harun Masiku, Pengamat: Janji Semata

Harun-Masiku.jpg
(Foto: Dok. Infocaleg)

 

RIAU ONLINE - Sorotan tejam kembali diarahkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pasalnya hingga kini, KPK tak kunjung menangkap Harun Masiku, tersangka korupsi, bahkan, tak juga diketahui keberadaan mantan kader PDIP tersebut.

Ketua Asosiasi Ilmuan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha), Azmi Syahputra mendesak KPK agar jujur mengenai alasan tak kunjung menangkap Harun Masiku.

"Di sinilah perlu kejujuran KPK. Kenapa KPK kesulitan untuk menangkap Harun Masiku?" tanya Azmi, mengutip Suara.com, Senin, 23 Mei 2022.

Menurutnya, kasus Harun Masiku yang masih menjadi buronan terkesan jalan di tempat. Hal itu menunjukkan kinerja KPK di mata publik yang sudah semakin melemah.

"Terkesan kasus ini (Harun Masiku) jalan di tempat. Ketidakberhasilan KPK menyelesaikan kasus ini tentunya sangat berpengaruh terhadap melemahnya image KPK di mata masyarakat," imbuhnya.

Padahal, sudah hampir 1.000 hari berstatus sebagai buronan. Situasi ini, menurut Azmi mencerminkan bahwa lembaga antirasuah itu tidak mampu menjalankan tugasnya sesuai UU KPK.


 

 

Tak hanya itu, Azmi juga menuding pimpinan KPK lebih memilih kebijakan yang tidak optimal dan mengobral janji. Pimpinan KPK seharusnya bergegas menjalankan fungsi dan tugasnya secara sungguh-sungguh.

"Pimpinan KPK dalam kasus ini cenderung mengambil langkah dan kebijakan yang kurang optimal, kompromistis, lebih banyak pada janji semata pada publik, yang kenyataannya sampai hari ini Harun Masiku tidak tertangkap," ujar Azmi.

Kritikan menohok juga diarahkan Azmi kepada KPK. Ia mengingatkan bahwa kasus korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Dengan Harun Masiku yang tak kunjung bisa ditangkap KPK, menjadi bukti bahwa lembaga antirasuah itu sudah merosot.

"Belum tertangkapnya Harun Masiku menunjukkan pimpinan KPK abai terhadap amanah kepentingan masyarakat dan perintah UU KPK, sekaligus kemerosotan kinerja KPK," kritiknya,

Terakhir, Azmi mengatakan hanya bisa menanti gebrakan KPK untuk menangkap Harun Masiku. Pasalnya, sejauh ini KPK sama sekali tidak menunjukkan upaya drastis untuk menangkap buronan tersebut.

"Sederhana saja, sepanjang belum tertangkapnya Harun Masiku oleh KPK, jangan salahkan publik menduga duga terhadap KPK. Dan ini semua akibat ketidakjelasan KPK sendiri yang tidak segera menuntaskan kasus ini," pungkasnya.