Ditolak Ceramah Hingga Dideportasi Singapura, Sederet Kontorversi UAS

Ustaz-Abdul-Somad3.jpg
((Foto:Dok Okezone))


RIAU ONLINE - Kabar Ustad Abdul Somad dideportasi hingga dipenjara dalam ruangan 1x2 meter oleh pihak Singapura menghebohkan masyarakat Indonesia.

Informasi ini dikemukakan langsung oleh ustad yang kerap dipanggil UAS itu melalui unggahan di akun Instragramnya yang menyertakan foto dan videonya tengah berada di ruangan berlatar putih dengan ukuran 1x3 meter serta diteralis layaknya jeruji besi.

"UAS di ruang 1 x 2 meter seperti penjara di Imigrasi sebelum dideportasi dari Singapura," tulisnya.

UAS merupakan pendakwak asal Provinsi Riau yang dikenal cerdas dengan pemikiran tak terduga. Lulusan Universitas Al Azhar itu juga kerap menuai kontroversi sepanjang perjalanan karirnya.

Dilansir dari Suara.com, Selasa, 17 Mei 2022, berikut sederet kontroversi UAS yang sempat dilaporkan atas dakwahnya hingga dideportasi Singapura.

Dilaporkan Akibat Dakwah

Sebelumnya, jagad maya juga pernah digegerkan dengan beredarnya video potongan dakwah dari UAS yang menyinggung soal Salib. UAS menyebut bahwa Salib merupakan jin kafir.

Hal ini terungkap saat UAS menjawab pertanyaan terkait Salib dari salah satu jamaah. UAS mengatakan bahwa di dalam salib terdapat jin kafir.

Pernyataan itu sontak dinilai sebagai penistaana agama yang berujung pada pelaporan terhadap dirinya oleh kelompok masyarakat dan tokoh agama setempat ke Mabes Polri.


Ditolak Ceramah

Di penghujung 2017, UAS bahkan pernah mendapat penolakan saat akan ceramah di beberapa tempat, salah satunya di Bali. Penolakan di Bali merupakan buntut dari pernyataan UAS yang dinilai menyinggung agama lain. Aksi penolakan itu berupa unjuk rasa.

UAS pun pernah ditolah menyampaikan dakwahnya di Hongkong di tahun yang sama.

Isu Perselingkuhan

Selanjutnya, kabar miring tentang perselingkuhan menerpa UAS. UAS disebut memiliki 3 orang istri, yakni Masyitoh, Mellya Juniarti, dan Diana Tabrani.

Kabar itu tersiar setelah diunggah oleh pemilik akun Twitter mantan Sekretaris BUMN Said Didu. Disebutkan dalam postingan itu, bahwa UAS berselingkuh dengan Diana Tabrani karena tidak puas dengan kedua istrinya terdahulu.

Namun kemudian, postingan itu dibantah dan dianggap sebagai fitnah mengingat akun itu telah dihack. Bantahan juga dinyatakan oleh Ustad Tengku Zulkarnain.

Digugat Cerai Istri

UAS juga dikabarkan menggugat cerai istrinya, Mellya Juniarti pada tahun 2019. Gugatan cerai ia ajukan pada 12 Juli 2019 kemudian putusan datang 3 Desember 2019 di Pengadilan Agama Bangkinang Riau.

Dideportasi Singapura

Kabar terakhir, pengakuan deportasi yang diinformasikan sendiri oleh UAS. Bahkan, UAS mengaku dikurung dalam ruangan mirip penjara berukuran 1x2 meter.

Namun hingga kini, belum ada kepastian terkait alasan Singapura mendeportasi UAS dan keluarga.