Dokter Senior IDI Komentari Eks Menkes, dr Terawan Gabung PDSI

dr-Terawan8.jpg
(Dok Wantimpres)

RIAUONLINE, JAKARTA-Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto resmi bergabung dengan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

Ketua PDSI Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyanto mengatakan Terawan secara administrasi sudah bergabung bersama PDSI sejak Jumat (13/5/2022) kemarin.

"Jumat kemarin beliau secara resmi bergabung ke PDSI. Beliau juga kami tawari untuk masuk ke jajaran pengurus dan beliau bersedia," kata Jajang saat dihubungi Suara.com, Minggu (15/5/2022).

Bahkan dia menyebut Terawan akan diberikan jabatan khusus yang penting di PDSI karena dianggap sebagai dokter sekaligus mantan Menkes yang berjasa terhadap dunia kedokteran di tanah air.


Merespon hal tersebut, dokter senior Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang juga merupakan Ketua Satgas Covid-19 IDI Profesor Zubairi Djoerban angkat bicara. Menurutnya, bergabungnya dokter Terawan ke PDSI merupakan hal yang wajar dalam proses demokrasi.

"Yang jelas IDI itu organisasi dokter yang dilegitimasi UU Praktik Kedokteran. Itu diperkuat putusan MK yang menyebut IDI satu-satunya organisasi profesi dokter. Gitu," demikian kata Zubairi dalam akun Twitternya, Senin, (16/5/2022).

Diketahui, PDSI sudah mengantongi SK Kemenkumham dengan nomor AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.

Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) berharap dengan bergabungnya Mantan Menteri Kesehatan Dokter Terawan Agus Putranto bisa menarik minat banyak dokter untuk bergabung ke PDSI.

Ketua PDSI Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyanto mengatakan dokter Terawan sudah mereka anggap sebagai salah satu tokoh kesehatan Indonesia, sehingga ia diharapkan bisa membawa perubahan di dunia kedokteran.

"Ya mudah-mudahan ini ada reformasi pelayanan kesehatan di tanah air yang selama ini ada kendala dan lain-lain. Mudah-mudahan dengan kehadiran beliau ada pilihan bagi teman-teman untuk bisa bergabung, berjuang bersama memberikan pelayanan yang terbaik untuk bersama kita," kata Jajang saat dihubungi Suara.com, Minggu (15/5/2022).