Ada Nama Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi untuk Gantikan Anies di Jakarta

RIAUONLINE, JAKARTA-Tiga nama calon mencuat untuk menggantikan masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, DKI tahun 2022-2024. Fraksi PDIP DPRD DKI pun menyebut kriteria idealnya.

Tiga calon itu adalah Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, dan Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengatakan, tiga nama itu merupakan sosok ideal sebagai pengganti Anies. Ia berharap salah satu yang terpilih nantinya bisa menjalankan program yang sudah dirancang Pemprov DKI.

"Karena persoalan Jakarta mereka sudah tahu, maka yang dilakukan ke depan bagaimana melakukan eksekusi," ujar Gembong saat dikonfirmasi, Senin (16/5/2022).

"Sekarang yang dicari sosok yang bisa melakukan eksekusi terhadap program yang sudah ada," tambahnya menjelaskan.


Ia juga berharap nantinya Pj Gubernur DKI terpilih bisa menjalin komunikasi dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan program Pemprov DKI.

Mulai dari DPRD hingga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya, seperti TNI dan Polri.

"Ketika dia bisa eksekusi dan bangun koordinasi dengan lintas sektoral, maka Insyaallah proses bangun Jakarta bakal ada percepatan," tuturnya.

Kendati demikian, Gembong enggan menyebut siapa dari tiga nama calon tersebut yang paling cocok untuk menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta.

Ia tak mau menerka-nerka karena proses pemilihannya sedang dijalankan Pemerintah Pusat.

"Kalau soal condong ke mana, kami enggak mau mendikte presiden. Tetapi kami yakin, Mendagri dan Presiden Jokowi sudah tahu persoalan Jakarta, sehingga bisa mencari sosok yang tepat untuk menyelesaikan persoalan Jakarta," pungkasnya dikutip dari suara.com