Niat Salat Ied untuk Imam dan Makmum dan Tata Cara serta Sunnah

Salat-Ied-2.jpg
((Pixabay))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Umat Islam disunnahkan untuk mengerjakan ibadah shalat Ied. Meskipun sunnah namun amalan ini memiliki keutamaan serta mendatangkan pahala yang melimpah. Simak niat sholat Ied untuk imam dan makmum, tata cara serta sunnah sebelum sholat Ied.

Amalan ibadah ini kerap dilakukan oleh Rasulullah SAW. Bahkan ejak disyariatkan pada tahun kedua hijriah, Rasulullah tidak pernah meninggalkannya hingga beliau wafat, kemudian kebiasaan serupa dilanjutkan oleh para sahabat. Hukum mengerjakan sholat Ied adalah sunnah muakkad (sangat dianjurkan). Lantas, apa niat sholat ied?

Secara umum syarat dan rukun sholat Ied tidak berbeda dengan sholat fardu, termasuk juga hal yang membatalkannya. Akan tetapi secara teknis pelaksanaan sholat Ied berbeda dengan shalat fardu. Waktu sholat Ied dimulai sejak terbitnya matahari hingga masuk waktu dzuhur. Apa niat sholat ied?

Berbeda dengan sholat Idul Adha yang dianjurkan untuk disegerakan karena terdapat kewajiban bagi yang berkurban untuk segera menyembelih hewan kurban mereka. Sholat Idul Fitri disunnahkan untuk memperlambatnya demi memberi kesempatan yang luas untuk orang yang belum membayar zakat fitrah.

Lantas bagaimana niat sholat Ied untuk iman dan makmum, tata cara serta sunnah sebelum sholat Ied. Simak penjelasannya berikut ini.

Niat Sholat Ied untuk Imam

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an imman lillhi ta‘alaa.


Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT.”

Niat Sholat Ied untuk Makmum


Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an ma’mman lillhi ta‘laa.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

Tata Cara Sholat Ied

1. Membaca niaat sholat Ied


2.Takbiratul Ikhram sambil dan membaca doa iftitah. Kemudian takbir sebanyak 7 kali. Disela-sela takbir membaca bacaan doa:


"Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar."

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar."

3. Membaca surah Al-Fatihah

4. Membaca surah pendek, dianjurkan untuk membaca surah al-A'lâ.

5. Selanjutnya rukuk, iktidal, lalu sujud, duduk di antara dua sujud, dan sujud kedua di rakat pertama.

6. Kembali berdiri untuk melaksanakan rakaat kedua shalat Ied, lakukan takbir qiyam.

7. Takbir sebanyak 5 kali sambil mengangkat tangan dan membaca doa seperti pada rakaat pertama.


8. Membaca surah Al-Fatihah, dilanjut membaca surah pendek.

10. Terakhir rukuk, iktidal, lalu sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, duduk tasyahud akhir dan kemudian salam.

Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Fitri

1. Memperbanyak mengucap takbir

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak mengucap takbir. Takbir bisa dibaca mulai dari malam Idul Fitri hingga imam mengucap takbiratul ikhram.

2. Mandi sebelum sholat Ied

Amalan sunnah selanjutnya yaitu meandi sebelum sholat Ied. Selain membersihkan dari kotoran, mandi besar ketika hari Idul Fitri dimaksudkan supaya jiwa dan raga bersih dari segala dosa.


3. Memakai Pakaian Terbaik

Dalam rangka menyambut datangnya hari kemenangan umat Islam dianjurkan untuk mengenakan pakaian terbaik mereka. Hal ini juga sebagai bentuk kegembiraan karena datangnya hari raya Idul Fitri.

4. Makan sebelum sholat Ied

Umat muslim dianjurkan untuk makan sebelum sholat Ied. Karena Nabi Muhammad dahulu juga menyempatkan diri untuk makan sebelum sholat Ied.

5. Melewati jalan berbeda ketika berangkat dan pulang

Amalan sunnah sebelum sholat Ied ini bertujuan agar kita bertemu dengan orang banyak sehingga dapat bersilaturahmi dan mengucapka selamat Idul Fitri.

6. Memakai Wewangian


Umat Islam dianjurkan untuk memakai wewangian karena pada saat Idul Fitri akan bertemu banyak orang dikutip dari suara.com

Demian tadi ulasan mengenai niat sholat Ied untuk imam dan makmum, tata cara serta sunnah sebelum sholat Ied. Semoga bermanfaat!