10 Jenis Ketupat yang Sering Dihidangkan di Indonesia

penjual-ketupat3.jpg
(Penjual bungkus ketupat di Jalan Affandi, Mrican, Caturtunggal, Dep[Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id])

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Ketupat merupakan hidangan khas yang biasa disuguhkan saat lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tiba. Kupat merupakan makanan yang berbahan dasar beras dan dibungkus dengan anyaman janur atau daun kelapa muda. Serta bisa juga menggunakan daun palas.

Ketupat atau kupat, biasanya disuguhkan setelah direbus 3 hingga 4 jam. Ketupat biasanya disantap dengan beberapa sayur atau lauk pauk. Seperti soto ayam, tahu telur, bakso kuah, pecel, sambal goreng krecek, dan sayur lodeh.

Sebagai sajian khas lebaran, ketupat memiliki berbagai macam bentuk. Ingin tahu apa saja macam bentuknya? Simak ulasannya berikut ini, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.


1. Ketupat bawang

Merupakan bentuk ketupat yang sering dijumpai di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Bentuk dari ketupat ini adalah segi empat. Cara membuat ketupat jenis ini juga bisa dibilang mudah.

2. Ketupat sate

Merupakan ketupat yang memiliki bentuk mirip dengan ketupat bawang. Namun, bentuk dari ketupat ini sedikit berbeda. Karena bentuknya mirip bantal (segi empat) dan biasanya dijadikan hidangan pendamping makanan sate.


3. Ketupat burung

Seperti namanya, ketupat ini memiliki bentuk seperti burung, namun tanpa sayap. Untuk membuat ketupat jenis ini, janur atau daun kelapa muda yang dibutuhkan tidak terlalu banyak atau panjang.



4. Ketupat palas

Berbeda dengan ketupat jenis lainnya, ketupat palas ini dibuat dari daun palas. Bentuk dari ketupat ini adalah segitiga.

5. Ketupat kubus

Merupakan ketupat yang berbentuk kubus atau bangun ruang yang dibatasi oleh sisi yang berbentuk persegi. Ketupat ini juga biasa dihidangkan saat Hari Raya Idul Fitri.

6. Ketupat tumpeng


Merupakan ketupat yang memiliki bentuk mengerucut dengan dasar melebar. Pada bagian atasnya runcing dan ada beberapa helai daun kelapa muda atau janur yang menjuntai.

7. Ketupat sari

Ketupat ini berbentuk segitiga sama sisi, namun ukuran dari ketupat ini lebih kecil dibandingkan dengan ketupat yang ada. Pada bagian sudut segitiga terdapat juntaian daun kelapa muda atau janur sebagai pemanis jenis ketupat ini.

8. Ketupat sidapurna

Ketupat ini memiliki bentuk seperti hurup ‘P’ terbalik. Bisa dikatakan bahwa jenis ketupat ini seperti kipas. Ciri dari ketupat jenis ini adalah pada bagian sudutnya terdapat lipatan mirip pita yang berfungsi sebagai hiasan.

9. Ketupat geleng

Merupakan ketupat yang memiliki bentuk persegi panjang. Ketupat jenis ini tidak memiliki juntaian helai janur yang berfungsi sebagai hiasan. Jadi ketupat jenis ini tampak rapat atau padat.


10. Ketupat pandawa

Merupakan jenis ketupat yang berbentuk seperti untaian rambut yang dikepang dua. Ketupat jenis ini berbentuk segitiga dengan ujungnya memiliki juntaian daun kelapa atau janur yang dikepang dikutip dari suara.com

Demikianlah 10 macam jenis ketupat yang ada di Indonesia, biasanya ketupat ini menjadi hidangan khas saat Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.

Kontributor : Agung Kurniawan