Datangkan Pahala Melimpah, 7 Amalan Sunnah Sebelum Salat Idul Fitri

amalan-sunnah.jpg
((Pixabay))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Hari raya Idul Fitri atau lebaran disebut juga dengan hari suci di mana umat Islam seperti terlahir kembali dan bersih dari segala dosa-dosa. Disebut pula dengan hari kemenangan karena berhasilnya umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Maka dari itu mereka dapat meraih kemenangan saat Idul Fitri. Lantas, apa saja amalan sunnah sebelum shalat Idul Fitri?

Pada saat Idul Fitri, umat Islam dianjurkan mengerjakan shalat sunnah Ied sebanyak dua rakaat. Shalar Idul Fitri merupakan ibadah sunnah yang kerap dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW semasa beliau masih hidup. Kemudian diikuti oleh para sahabat dan pengikut Rasulullah.

Sehingga menjadikan ibadah shalat Idul Fitri dianjurkan untuk dikerjakan oleh setiap umat muslim. Sebelum mengerjakan shalat Ied, ada amalan yang dapat mendatangkan pahala jika dilakukan. Lantas apa saja amalan sunnah sebelum shalat Idul Fitri? Simak penjelasannya berikut ini.

7 Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Fitri

Berikut ini 7 amalan sunnah sebelum shalat Idul Fitri yang dianjurkan untuk dikerjakan:

1. Memeprbanyak Mengucap Takbir


Amalan sunnah sebelum shalat Idul Fitri yang dikerjakan Rasulullah sebelum shalat Idul Fitri yaitu mengucap takbir. Bahkan takbir yang diucapkan dilakukan pada malam hari sebelum tiba Idul Fitri atau malam terakhir bulan Ramadhan. Malam itu disebut juga dengan malam takbiran. Di Indonesia sendiri masyarakat akan melakukan takbiran di masjid/mushala. Selain itu ada pula tradisi takbir keliling.

2. Mandi Sebelum Shalat Idul Fitri

Mandi sebelum shalat Idul Fitri merupakan amalan yang dikerjakan Nabi Muhammad. Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadits yang artinya:


"Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, 'Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Ibnu Majah)

3. Memakai Pakaian Terbaik

Sebelum shalat Idul Fitri umat Islam dianjurkan untuk mengenakan pakaian terbaik. Hal ini dimaksudkan karena momen perayaan Idul Fitri dilakukan hanya setahun sekali. Oleh sebab itu, masyarakat disunnahkan memakai pakaian terbaik mereka dalam menyarakan hari kemenangan. Pakaian terbaik yang dimaksud tidak harus pakaian baru.

4. Makan Sebelum Shalat Idul Fitri

Nabi Muhammad SAW selalu menyempatkan diri untuk makan sebelum shalat Idul Fitri. Selain mengikuti sunnah Nabi, makan sebelum shalat juga baik untuk tubuh agar tidak merasa lapar ketika shalat. Sehingga shalat Ied yang dikerjakan akan semakin khusyu'.

5. Saling Memberi Selamat

Saling memberi ucapan selamat kepada sanak saudara sebelum shalat Idul Fitri snagatlah dianjurkan. Anda bisa menggunakan ucapan kalimat "Taqabbalallahu minna wa minkum".

6. Mengambil Jalan Berbeda ketika Berangkat dan Pulang

Ketika shalat Idul Fitri di masjid, Anda dapat berangkat dan pulang dengan jalur yang berbeda. Tujuannya agar kita lebih banyak menebar kebahagiaan dengan orang lain. Karena jika kita mengambil jalan yang berbeda maka akan bertemu dengan banyak orang. Hal ini juga disebutkan dalam sebuah hadits yang artinya:

"Nabi SAW ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (antara pergi dan pulangnya)." (HR. Bukhari)

7. Memakai Wewangian

Amalan sebelum shalat Idul Fitri yang terakhir yaitu disunnahkan memakai wewangian. Karena pada hari raya Idul Fitri kita akan banyak bertemu dengan orang.

Itulah tadi beberapa amalan sunnah sebelum shalat Idul Fitri. Selamat hari raya Idul Fitri 1443 H, mohon maaf lahir dan batin dikutip dari suara.com