Pilih Berlebaran di Yogyakarta, Jokowi Tiba di Gedung Agung Siang Tadi

Jokowi16.jpg
((SuaraJogja.id/Hiskia Andika))

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Presiden Jokowi tiba di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Sabtu 30 April 2022 siang. Orang nomor satu di Indonesia itu disambut oleh masyarakat setempat dan wisatawan.

Pantauan SuaraJogja.id, Presiden Jokowi, yang dikabarkan mendarat dari Jakarta di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta itu, langsung menuju Istana Kepresidenan Yogyakarta. Rombongan Jokowi tiba di Gedung Agung sekitar pukul 13.05 WIB siang tadi.

Pasukan Pengamanan Presiden (Pampampres) dan kepolisian sudah tampak berjaga di sekitar Istana Kepresidenan Yogyakarta sejak siang. Pengamanan pun dilakukan mulai dari kawasan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer.

Kedatangan Jokowi pun menarik perhatian masyarakat sekitar. Tidak hanya warga lokal yang sudah berada di sekitar area Gedung Agung. Namun juga sejumlah wisatawan yang kebetulan sedang berkunjung ke Yogyakarta.

Dalam kunjungannya ke Yogyakarta dalam agenda lebaran kali ini Jokowi terlihat tidak menggunakan mobil kepresidenan RI 1. Jokowi terlihat hanya terlihat duduk di kursi belakang di dalam mobil Toyota Alphard dengan nomor polisi H 554 TO.

Seorang wisatawan asal Cilegon yang ikut menyambut kedatangan Jokowi, Nur Hasanah (53) mengaku hanya kebetulan saja berada di sekitar area Malioboro. Ia sempat curiga akan ada orang penting yang datang ke Jogja karena banyaknya penjagaan dari polisi.


"Lihat polisi banyak sekali dari sana (Malioboro). Saya tanya ada apa pak, eh ternyata Pak Jokowi mau datang," kata Nur.

Nur yang berencana mudik ke Gunungkidul itu memutuskan untuk ikut menyambut Presiden Jokowi di depan Gedung Agung. Ia mengajak anaknya juga untuk menyapa presiden.

"Pak Jokowi hanya pakai mobil biasa saja, Alphard gitu. Tidak sampai turun, hanya tadi sampai di sini (depan pintu masuk Gedung Agung) dia (Jokowi) buka jendela untuk melambaikan tangan. Pengennya sih salaman tapi ya nggak bisa," ujarnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi usai meninjau sirkuit Formula E mengungkapkan rencananya untuk berlebaran di DIY. Tahun ini Presiden tidak akan pulang ke Solo.

Pada kesempatan lain, Jokowi mengaku belum mengetahui berapa lama ia akan menghabiskan waktu di Yogyakarta. Kendati demikian ia berencana bakal menjalankan salat Ied di sana.

"Insya Allah iya (salat Ied di sana)," ucap Jokowi usai meninjau lokasi sirkuit Formula E di Jakarta Utara, Senin (25/4/2022).

Meski begitu, Jokowi masih belum mau untuk menggelar halal bihalal terutama yang secara terbuka mengundang masyarakat luas.

Hal tersebut sesuai dengan imbauan bagi para pejabat untuk menghindari menggelar open house dengan jumlah tamu yang banyak.

"Ndak. Seperti yang sudah saya sampaikan, halal bihalal terutama yang menyangkut kerumunan orang banyak, pemerintah ajak sebaiknya tidak. utamanya untuk para pejabat," ujarnya.