Bukan Ahok, Jokowi Lantik Eks Wamen Era SBY Jadi Kepala Otorita IKN

Bambang-susanto.jpg
(facebook)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Bambang Susantono dikabarkan dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hari ini, Kamis 10 Maret 2022.

Sosok yang dipilih Jokowi untuk menjadi orang satu di IKN Nusantara tersebut bukan dari kalangan partai politik (parpol).

Kabar yang beredar, Jokowi memilih Bambang Susantono untuk menjadi Kepala IKN Nusantara. Sementara untuk Wakil Kepala IKN yang dipilih oleh Jokowi ialah Donny Rahajoe.

Kabar tersebut lantas dikonfirmasi oleh sumber dari lingkungan pemerintah.


"Iya (benar namanya)," kata sumber saat dikonfirmasi Suara.com, Rabu (9/3/2022).

Bambang Susantono merupakan eks Wakil Menteri Perhubungan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sedangkan Donny Rahajoe menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Sebagai informasi, dalam Pasal 9 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara dan dibantu oleh Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditunjuk, diangkat dan diberhentikan langsung oleh Presiden setelah berkonsultasi dengan DPR.

Sementara pada Pasal 10 dijelaskan bahwa Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 memegang jabatan selama 5 tahun terhitung sejak tanggal pelantikan dan sesudahnya dapat ditunjuk dan diangkat kembali dalam masa jabatan yang sama.