Pakai Cadar, Penumpang Pria Terbang ke Ternate Gunakan PCR Istri

Penumpang-DW2.jpg
(Foto: Abdul Fatah/ANTARA)

RIAU ONLINE, TERNATE-DW seorang penumpang pria berhasil mengelabui petugas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, saat terbang menuju Ternate pada Minggu (18/7). Ia menggunakan surat PCR negatif corona milik istrinya, selain itu juga menyamar sebagai wanita dengan mengenakan cadar.

Perbuatan tak terpuji DW ketahuan saat tiba di Bandara Baabullah Ternate. Seorang pramugari melaporkan dia ke pihak bandara karena DW kedapatan membuka cadar dan mengganti pakaian di toilet pesawat.

Dilansir Antara, Kepala Operasional Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Muhammad Arif Gani, mengatakan, DW adalah warga Kota Ternate yang terbang dari Jakarta menggunakan maskapai Citilink.

Ia diduga memalsukan dokumen PCR dengan menggunakan nama Nurul yang merupakan istrinya.


Di pesawat, seorang pramugari mencurigai DW karena penampilannya berubah. DW melepas cadarnya dan berganti pakaian dengan kemeja di toilet pesawat.

Pramugari tersebut melaporkan ke pihak Bandara Sultan Baabullah Ternate karena DW mencurigakan. Ia lalu diamankan di bandara dan dilakukan swab test di sana. Ternyata DW positif corona.

"Setelah hasil positif COVID-19, pihak bandara langsung menghubungi tim Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate untuk melakukan evakuasi dengan memakai pakaian alat pelindung diri (APD). Kemudian (DW) dibawa menggunakan mobil ambulans menuju rumah untuk melakukan isolasi mandiri dan akan diawasi oleh petugas Satgas," ujar Arif.

Dengan adanya kejadian tersebut, pihak Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate akan melakukan koordinasi dengan pihak bandara serta instansi terkait untuk memperketat pengawasan di bandara.
Sementara itu, belum ada keterangan resmi dari pihak maskapai penerbangan Citilink tentang kejadian ini.