Cris Paul Menggila, Bawa Phoenix Suns ke Final NBA setelah 10 Tahun

Cris-Paul.jpg
(Dustin Bradford/Getty Images)

RIAU ONLINE, LOS ANGELES-Phoenix Suns lolos ke final NBA setelah mengalahkan Los Angeles Clippers di gim 6 dengan skor telak 130-103, Rabu, 30 Juni 2021, waktu setempat. Kemenangan itu mentahbiskan mereka menjadi  juara Wilayah Barat.

Chris Paul menggila, tampil tak terbendung dengan 41 poin, 4 rebound, 8 asis, dan 3 steal selama 34 menit. CP3 memasukkan 16/24 tembakan (67 persen) termasuk di dalamnya 7/8 tripoin (87 persen).

Ia mencetak 31 dari keseluruhan poinnya di paruh kedua. Saat Clippers berusaha mendekat dengan memangkas jarak menjadi 7 poin, Paul membalas dengan 14 poin untuk sekali lagi menjauhkan Suns. Ini adalah final pertama CP3 sepanjang kariernya.

Devin Booker menyusul dengan 22 poin, 7 rebound, dan 4 asis. Booker memulai gim tanpa topeng pelindung wajah. Ia baru mengenakannya lagi di kuarter tiga, setelah berbenturan dengan Paul George.

Jae Crowder tampil brilian dengan 19 poin plus 5 rebound sedangkan Deandre Ayton dobel-dobel lagi 16 poin plus 17 rebound.


NBA - Du jamais vu en plus de 55 ans pour Chris Paul en playoffs !

Cris Paul

Kunci kemenangan Suns adalah pertahanan yang solid dalam upaya menghentikan Paul George. George yang mencetak 41 poin di gim sebelumnya tertahan hanya mencetak 21 poin hasil dari 6/15 tembakan (40 persen).

George mendapatkan penjagaan silih berganti dari Mikal Bridges, Jae Crowder, bahkan Torrey Craig. Top skor Clippers di gim ini adalah Marcus Morris dengan 26 poin dikutip dari mainbasket.com

Ini adalah final pertama Suns sejak 1993, saat Charles Barkley dan Kevin Johnson memimpin tim. Untuk playoff musim ini, total Suns hanya kalah empat kali (12-4).

Suns adalah tim pertama dalam sejarah NBA yang mampu lolos ke final setelah 10 musim sebelumnya secara beruntun gagal lolos ke playoff.