Baru 28 Tahun, Ini Sosok Ketua DPRD Tolikara yang Dituding Donatur KKB Papua

Sonny-Wanimbo.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PAPUA-Politisi NasDem diduga jadi donatur KKB Papua atau Kelompok Kriminal Bersenjata Papua. Saat ini anggota TNI-Polri terus gencarkan membatasi ruang gerak para anggota KKB.

Kali ini, anggota TNI dan Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi mulai membidik oknum yang diduga memback-up KKB tersebut alias donatur KKB Papua.

Sebagai informasi, baru-baru ini aparat keamanan berhasil mengungkap oknum politisi dari salah satu partai politik yang diduga adalah donatur yang memback-up KKB Papua.

Disitat dari Terkini.id -jaringan Suara.com, oknum politisi tersebut berasal dari Partai NasDem dan bahkan punya jabatan mentereng.

Diketahui bahwa politisi itu menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, namanya Sonny Wanimbo. Ia diduga menjadi donatur Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Dugaan itu menyeruak usai Satgas Nemangkawi menangkap Ratius Murib alias Neson Murib yang teridentifikasi terlibat dalam transaksi jual beli senjata untuk KKB Papua.


Hal tersebut diungkapkan Kepala Satgas Humas Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Alqudusi, dalam keterangannya pada Rabu lalu, 16 Juni 2021.

Iqbal Alqudusi mengatakan bahwa Ratius Murib alias Nelson Murib membawa uang dalam jumlah cukup banyak lalu bertemu seseorang.

“Neson Murib membawa uang cash pecahan Rp100 ribu sebanyak Rp370 juta untuk bertemu saudara Dewan Wenda,” jelasnya.

“Wenda bersedia membantu Neson Murib membeli senjata dan amunisi di Kabupaten Timika,” sambungnya.

Pihaknya menduga uang yang dibawa Ratius Murib alias Nelson Murib itu diberikan oleh politisi Sonny Wanimbo.

Uang tersebut diserahkan Sonny Wanimbo kepada Neson di sebuah hotel di Papua pada April 2021 lalu.

Dugaan tentang aliran uang ke Nelson Murib itu, lanjut Iqbal Alqudusi, didasari bukti kuat terkait transaksi antara Sonny Wanimbo dan Neson Murib.

Untuk diketahui, Sonny Wanimbo merupakan kader muda NasDem yang dilantik menjadi Ketua DPRD Tolikara saat usianya masih 26 tahun.

Mengutip partainasdem.id, pria bernama lengkap Sonny Arson Wanimbo itu dilantik sebagai Ketua DPRD Tolikara periode 2019-2024.

Sonny dilantik menjadi orang nomor satu Parlemen Tolikara setelah Partai NasDem berhasil memperoleh kursi terbanyak sembilan kursi dari kuota 30 kursi di parlemen.