Mau Pekanbaru dan Dumai Percepat Vaksinasi, Jokowi Kirim 100 Ribu Vaksin

Vaksin-tahap-ke-3-2.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan saat ini sudah tiba di Riau vaksin Covid-19 sebanyak 100 ribu dosis.  Ia menuturkan bahwa jenis vaksin yang datang masih vaksin Sinovac. 

 

"Sudah sampai, itu vaksin Sinovac," kata Mimi, kepada RiauOnline saat dikonfirmasi via telepon, Sabtu, 22 Mei 2021.

 


Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan target pertama sebanyak 50 ribu vaksin dalam seminggu menyasar pada usia lansia. Menurut Mimi keputusan itu karena usia lansia yang divaksin masih sedikit. 

 

"Iya karena kisaran target masih kecil, dan banyak meninggal dunia usia Lansia," pungkasnya. 

 

Sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) agar kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Riau menurun dalam dua minggu kedepan. 

 


Ia menuturkan Presiden RI Jokowi juga ingin adanya percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Riau. 

 


"Oleh karena itu, Bapak Presiden telah memerintahkan menteri kesehatan agar Riau ini bahkan untuk Kota Pekanbaru dan Kota Dumai harus di tambah vaksinnya," kata Syamsuar, Jumat, 21 Mei 2021. 

 

Dia menuturkan tujuan penambahan vaksin Covid-19 di Riau dari Presiden RI Joko Widodo untuk memutus penularan Covid-19. 

 

"Tujuannya Bapak Presiden agar terjadinya penurunan dan memutus mata rantai Covid-19. Sekarang 100 ribu vaksin sudah sampai. Untuk langkah pertama kita selesaikan 50 ribu ini target kita selesai dalam seminggu," ungkap Mantan Bupati Siak itu. 

 

Lanjutnya, nanti pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini akan dibantu oleh petugas kesehatan dari rumah sakit. "Dibantu oleh petugas kami, baik dari petugas Rumah Sakit Polisi dan TNI yang ada ikut membantu, bagaimana agar masyarakat kita segera di vaksin," ujarnya.

 

Pihaknya menegaskan vaksin ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan virus yang masuk. 

 

"Vaksin ini sebenarnya untuk meningkatkan imunitas tubuh kita, makanya vaksin diminta segera dilaksanakan. Agar nanti imunitas kita kuat, kalau misalnya nanti terserang virus Covid-19 itu tidak gejala berat karena kita memiliki kekuatan tubuh setelah di vaksin," pungkasnya. 

 

Seperti diketahui, dalam kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Riau pada Rabu, 19 Mei 2021 telah memerintahkan Menteri Kesehatan untuk segera mengirimkan vaksin Covid-19 menuju Riau. 

 

Kunjungan kerja Presiden Jokowi juga meninjau progres pembangunan Jalan TOL Pekanbaru-Padang, bertempat di Kabupaten Kampar, serta meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kota Pekanbaru yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru, Jalan Sudirman.