Bikin Haru, Bocah SD Terekam Baca Yasin Sendirian di Pekuburan

Bocah-baca-Yassin-sendirian.jpg
([TikTok])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Seorang bocah Sekolah Dasar (SD) berziarah sendirian sambil membaca Yasin. Direkam oleh akun TikTok @lulumlika pada 14 April, mulanya ia mengaku sedang mengikuti acara pemakaman saudaranya dan tak sengaja melihat bocah lelaki tersebut.

Di sisi lain pemakaman, tampak seorang bocah mengenakan baju merah dan peci sedang duduk di sisi makam. Ia membawa buku Yasin dan membacanya. Meski tidak ditemani siapa pun, bocah tersebut masih patuh mengenakan masker penutup muka.

Aksi bocah baca Yassin sendiri di kuburan. [TikTok]

Aksi bocah baca Yassin sendiri di kuburan. [TikTok]

Bocah itu sempat didatangi oleh dua temannya, entah apa yang mereka bicarakan. Namun, bocah itu tampak tidak terganggu dan terus membaca Yasin hingga temannya pergi.

Pemilik akun berniat untuk menanyakan keberadaan orang tuanya dan mengapa ia berziarah sendirian, tetapi tidak memiliki kesempatan karena bocah tersebut sudah pergi saat acara pemakaman saudaranya berakhir.

"Jadi hari ini aku ikut pemakaman saudara. Tiba-tiba ada anak kecil ziarah sendirian sambil baca Yasin. Nggak lama ternyata ada temennya nyamperin tapi dia tetep baca Yasin, abis itu dia sendirian lagi. Pengen tanya kemana orang tuanya, kenapa sendirian, tapi pas selesai pemakaman, adiknya udah selesai ziarah," tulis pemilik akun dikutipd dari Suara.com


Video itu pun menarik perhatian dan telah dilihat sebanyak lebih dari 1,6 juta penayangan. Setelah viral, pada 18 April, pemilik akun mengunggah video berbeda yang merekam dirinya bersama dengan bocah tersebut.

Menurut keterangan warganet, kedua orang tua anak kecil itu masih hidup dan dalam videonya yang viral, rupanya ia berziarah ke makam neneknya.

"Jadi setelah video kemaren aku up dan ternyata viral, aku dapet info kalau sebenernya anak laki-laki di video itu kedua orang tuanya masih lengkap, alhamdulillah," tulis warganet.

Bocah lelaki yang diketahui bernama Dewa tersebut rupanya masih duduk di bangku kelas 3 SD.

Pemilik akun berharap melalui video tersebut dapat memotivasi pengguna TikTok lainnya untuk terus mendoakan keluarga dan teman yang telah meninggal dunia.

Hingga kini, video yang disukai sebanyak 378.300 kali oleh sesama pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar.

"Ziarah kubur sendirian tetep pake masker. Semoga Allah angkat derajatnya ya anak soleh," tulis akun @calistafazahir.

"Ini bukti bahwa didikan orang tuanya beneran bagus," komentar @en.nn.

"Dan hebatnya anak seusia dia mengerti tentang ziarah kubur ditambah sambil membawa buku Yasin dan membacakan doa langsung," tambah @ceriayuk.

"Untung liat video ini abis buka puasa, huhu bikin mewek soalnya," ungkap @salmahuriyah.