Gempa Bermagnitudo 6,7 SR di Malang Bikin Rumah Warga di Lumajang Roboh

gempa-malang3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, LUMAJANG-Gempa yang berpusat di Malang ternyata terasa di Lumajang. Bahkan rumah warga Lumajang, Jawa Timur, roboh setelah gempa bermagnitudo 6,7 skala richter mengguncang kawasan pesisir selatan, Sabtu (10/04/2021).

Gempa ini sendiri berpusat di sebelah barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya ada di lautan di titik 8,9 lintang selatan 112,48 bujur timur dengan kedalaman 15 km.

Getaran gempa ini terasa hingga sejumlah daerah di sekitar Malang. Termasuk Sidoarjo, Jember dan Lumajang, Jawa Timur. Gempa bahkan merobohkan rumah warga Lumajang.

"Getaran gempa tersebut merobohkan rumah saya dan saya terluka, tolong saya," kata warga Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, seperti dikutip dari suarajatimpost.com, jejaring media suara.com.


Selain di Kecamatan Pronojiwo, ada juga sejumlah rumah yang retak-retak di Kecamatan Pasrujambe, dan Kecamatan Tempeh.

"Sewaktu tidur, sontak saya dan keluarga lari keluar rumah," ungkap Wati, warga Kelurahan Tompokersan, Kecamatan/Kabupaten Lumajang dikutip dari Suara.com

Sebelumnya, peringatan gempa disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG). Gempa tidak menyebabkan tsunami namun masyarakat diminta hati-hati terhadap gempa susulan.

Sementara itu, pihak BPBD Kabupaten Lumajang masih belum memberikan informasi terkait kerusakan akibat gempa tersebut.

Dari informasi yang diperoleh, gempa terasa hingga pulau dewata Bali.