Diduga Dugem di Diskotik, Perwira Berprestasi Dicopot Kapolda

AKP-David-Sinaga.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, MEDAN-Beredar video diduga oknum polisi di Polres Siantar dugem di salah satu tempat hiburan malam.

Dalam video yang dihimpun, oknum polisi tersebut diduga salah satu perwira yang memiliki jabatan di Polres Siantar. Dia menggunakan masker dan celana pendek berjoget di sebuah club malam.

Pria itu juga tampak joget di atas kursi. Setelah itu dia juga berjoget sambil mengangkat kursi. 'Lempar-lempar' sebut pria dia dalam video.

Setelah itu, pria itu tampak berjalan meninggalkan lokasi. Dia tampak berjalan terhuyung-huyung sambil sesekali tetap berjoget.

Dalam narasi video yang dihimpun, mengatakan, bahwa perilaku pria itu tidak mencerminkan jabatannya sebagai penegak hukum.

"Lihatlah tingkah laku oknum yang sedang ketinggian di salah satu tempat hiburan malam. Seharusnya melenyapkan narkoba ternyata," tulis pengunggah video.

Tangkapan layar yang menyebut Kasat Narkoba Polres Pematangsiantar AKP David Sinaga tengah bergoyang di Klub Malam muncul di YouTube.

Tangkapan layar yang menyebut Kasat Narkoba Polres Pematangsiantar AKP David Sinaga tengah bergoyang di Klub Malam muncul di YouTube. (HO / Tribun Medan)

Di dalam video itu, pengunggah menyebut nama oknum Kasat Narkoba Polres Pematangsiantar AKP David Sinaga tengah dalam kondisi ketinggian.

Video tampak sudah diedit sebelumnya sebelum di-upload. Pengunggah membuat animasi anak panah menunjukkan siapa yang disebut Kasat Narkoba.

Sementara suasana dalam video cenderung gelap. Adapun orang lain dalam video itu sengaja diblur.

Di dalam video, penampakan rambut AKP David Sinaga terlihat terikat di atas, mengenakan kaos hitam dan celana abu-abu. Ia berjoget, melompat dan mengangkat kursi ke atas sembari menikmati lagu DJ.

Terkait viralnya video tersebut, Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi yang dikonfirmasi awak media, masih akan memastikan kebenaran video yang beredar itu.


"Diduga yang bersangkutan saat ini sedang dalam proses pemeriksaan oleh Bid Propam Polda Sumut," ujarnya, Jumat 5 Februari 2021.

Lanjut Kombes Hadi Wahyudi belum menjelaskan rinci kapan oknum itu, diperiksa begitu juga video itu terjadi.

Namun sebutnya, institusinya akan memberikan tindakan tegas bila anggotanya melanggar aturan.

"Jika terbukti nantinya akan diberikan tindakan dan sanksi yang tegas terhadap yang bersangkutan," kata Hadi

Dalam hal ini, Kombes Hadi menegaskan bahwa Polda Sumut, tidak akan kompromi terhadap berbagai bentuk pelanggaran apalagi bila terlibat narkoba.

"Perintah Kapolda sangat tegas berikan tindakan tegas terhadap siapapun penyalahgunaan narkotika," pungkas Hadi.

Dicopot dari Jabatannya

Di waktu berbeda, Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin menegaskan sudah mencopot Kasat Narkoba Polres Pematangsiantar AKP David Sinaga.

Hal itu lantaran terlihat menikmati alunan musik DJ di salah satu tempat hiburan malam hingga menjadi perbincangan hangat.

Menurutnya, adanya anggota Polri yang berada di dalam diskotik sudah mencoreng nama baik institusi, di mana seharusnya mengayomi masyarakat, dan malah berprilaku seperti itu.

"Hari ini AKP David Sinaga sudah kita copot jabatannya," kata dia, melalui pesan singkat WhatsApp, Jumat 5 Februari 2021.

Penjelasan AKP David Sinaga

Terkait video ini, sebelumnya AKP David Sinaga yang dikonfirmasi Tribun Medan, mengatakan, bahwa video itu merupakan ulah dari orang-orang yang memusuhinya dalam pemberantasan narkoba.

"Nggak jelas, masih katanya katanya kan? Ini orang-orang (pengunggah) usil kepada saya, yang kecewa dalam pemberantasan narkoba yang kita lakukan," ujar David.

Ia enggan mengomentari terlalu jauh siapa yang ada di video itu, selain berharap dapat menemukan siapa yang mengunggahnya ke media sosial YouTube.

"Iya, mau kita cari siapa yang upload," ujar David.

Sebelumnya, satuan Reserse Narkoba pimpinan David Sinaga sempat melakukan penggerebekan di Studio 21 Jalan Parapat, Minggu (10/1/2021) dini hari lalu.

Belakangan disebut-sebut merupakan lokasi David di dalam video itu.

 

Perwira Berprestasi

AKP David dikenal perwira yang berpestasi. Kurang lebih sepuluh bulan menjabat, AKP David Sinaga sudah berhasil mengandangkan puluhan kurir dan bandar narkoba di wilayah Kota Pematang Siantar.

Untuk mengapresiasi kinerjanya itu mantan Kapolres Pematang Siantar AKBP Budi Pardamean Saragih memberikan piagam penghargaan kepada AKP David Sinaga dan anggotanya.

"Penghargaan itu dalam pengungkapan kasus narkoba jenis sabu dengan jumlah 481,49 gram Narkotika Jenis sabu dan puluhan butir Narkotika Jenis Ekstasi," Kata AKBP Budi Pardamean. Artikel ini sudah terbit di tribun Medan