´╗┐

Jokowi Disebut Tunjuk Kabareskrim Komjen Sigit Jadi Kapolri

Komjen-Sigit3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Jokowi dikabarkan telah memilih satu nama untuk menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang masuk masa pensiun. Dia adalah Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Seorang politikus partai penguasa di parlemen membenarkan kabar tersebut. Nama Sigit yang telah dipilih oleh Jokowi.

"Iya (Sigit dipilih Jokowi)," kata Politikus yang bernaung di Komisi hukum DPR ini, Senin (11/1).

Politikus ini mengakui memang sejauh ini Jokowi belum mengirimkan surat kepada DPR tentang calon Kapolri. Namun, menurut dia, surat itu dijadwalkan bakal dikirim pada Rabu 13 Januari 2020 nanti.

"Rabu (dikirim)," katanya.

Anggota Komisi III DPR, Jazilul Fawaid membenarkan informasi, Presiden Jokowi akan mengirim surat terkait calon Kapolri pada lusa.

"Insya Allah, Kita tunggu saja Rabu keramat. Hari Rabu wage cocok untuk kirim surat penting untuk pekerjaan besar," kata Jazilul.

Hingga Pukul 14.30 WIB, Istana masih belum merespons terkait kabar Sigit yang ditunjuk Jokowi jadi Kapolri.

Sementara itu, Komisi III DPR RI segera membahas persiapan fit and proper test calon Kapolri. Meskipun hingga hari ini belum ada surat dari presiden teresbut.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengatakan, besok akan digelar rapat internal membahas jadwal persidangan. Salah satu agendanya membahas teknis fit and proper calon Kapolri.

"Besok rapat internal soal jadwal persidangan, tidak menutup kemungkinan sekalian tata cara fit and proper," ujar Herman melalui pesan singkat, Senin (11/1).

Namun, terkait nama calon yang diajukan belum juga terungkap. Meski, belakangan santer nama Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo akan diajukan ke Istana.

Herman mengatakan, Istana belum juga mengirimkan surat presiden terkait nama calon Kapolri.

"Surpres nama calon belum ada," kata politikus PDIP ini.

Senada, Pimpinan DPR juga menyatakan belum ada surat presiden terkait calon Kapolri yang masuk. Dalam rapat paripurna hari ini, surat presiden yang dibacakan hanya terkait pergantian antar waktu anggota DPR.

"Sampai saat ini kita belum menerima info, tapi tentunya presiden akan menghitung mengenai persyaratan surat harus masuk sebelum batas waktu Kapolri yang sekarang pensiun, itu ada aturannya berapa hari," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Kompolnas telah mengirimkan lima nama jenderal bintang tiga untuk dipilih Jokowi menjadi calon Kapolri.

Lima nama tersebut yakni, Komjen Pol Gatot Eddy Purnomo, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Komjen Pol Boy Rafli Amar, Komjen Pol Arief Sulistyanto, Komjen Pol Agus Andrianto.

Ketua Kompolnas Mahfud MD mengatakan, lima nama tersebut telah memenuhi syarat sebagai Kapolri.

"Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang," kata Mahfud, 8 Januari lalu. Artikel ini sudah terbit di Merdeka.com