Berasa di Luar Negeri, Pengendara Ini Ditilang karena Pakai Plat Thailand

Plat-Thailand.jpg
(Polda Lampung)

RIAU ONLINE, BANDAR LAMPUNG-Seorang pengendara ditilang polisi karena memakai pelat motor bertuliskan aksara Thailand.

Video viral itu berdurasi 32 detik yang memperlihatkan seorang remaja pria yang menggunakan motor dengan pelat aksara Thailand viral di media sosial.

Dalam video itu terlihat polisi sedang mengecek motor dan surat kendaraan milik remaja itu.

Terlihat motor itu adalah jenis matik berwarna merah.

Di pelat bagian belakang motor itu tertulis aksara Thailand dengan angka 1858, kemudian ada bendera Indonesia dan bendera Thailand di bawah tulisan aksara Thailand itu.

Diketahui, peristiwa itu terjadi di Tugu Liwa, Lampung Barat, Minggu 26 Juli 2020.

Saat itu Polda Lampung sedang melakukan giat Operasi Patuh Krakatau 2020, dan melihat motor yang digunakan remaja itu di bagian depan motor tidak memakai pelat nomor polisi, dan di bagian belakang pelat nomor terpasang namun bertuliskan aksara Thailand.

Remaja itu bernama Ikbal Juliansyah (18) merupakan warga asli Pekon Wiwitan, Lampung Barat.

"Kondisi kendaraan tanpa nomor polisi di bagian depan, sedangkan bagian belakang terdapat nomor polisi dengan lambang bendera Thailand dan Indonesia dan nomor polisi menggunakan angka Thailand, dan tindakan selanjutnya diberhentikan oleh Aipda Munari," ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad, kepada wartawan, Selasa 28 Juli 2020.

Pandra mengatakan polisi langsung mengecek surat-surat kendaraan itu. Polisi juga memberikan teguran tertulis untuk pengemudi.

"Kemudian diberikan teguran tertulis oleh Aipda Munari kepada pengendara sepeda motor tersebut, dikarenakan nomor polisi tidak sesuai dengan aslinya, dan tidak membawa SIM, ban di ganti kecil, kenalpot. Selain itu petugas menyarankan untuk melepaskan nomor polisi tersebut dan memasang plat aslinya dan mengganti kenalpot aslinya," jelasnya.

Menurut Pandra, alasan Ikbal menggunakan pelat motor bertuliskan aksara Thailand itu karena terobsesi dengan negara Thailand.

Pandra juga menyebut remaja berusia 18 tahun itu memodifikasi sendiri tulisan aksara Thailand di motornya itu.

"Dia sangat terobsesi obyek wisata di Negeri Gajah Putih Thailand, karena daerah Lampung Barat terkenal juga dengan obyek wisata kopi & berudara sejuk, dia ingin sekali daerahnya ramai dikunjungi wisnu & wisman ramai seperti di Thailand, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Pandra.

"Iya betul dia modifikasi sendiri dengan menambahkan tulisan dan bendera Thailand," tambahnya.

Artikel ini sudah terbit di Detik.com