Ini Kata Puspomad Soal Motif Letda RW Tusuk Serda Saputra hingga Tewas

Makam-Serda-Saputra.jpg
(Isal/detikcom)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Penusuk Serda RH Saputra yakni oknum Marinir TNI AL Letda RW kini sudah ditahan. Sebelumnya anggota Babinsa TNI AD Jakarta Barat Serda RH Saputra tewas di Hotel Mercure Batavia karena ditusuk Letda RW. Hingga kini belum jelas apa motif Letda RW melakukan keributan di lokasi tersebut dan menusuk korban hingga tewas.

"Untuk fakta yang sebenarnya karena ini sekarang sudah ditangani Puspomal jadi nanti mungkin untuk kepastian dan sesuai fakta-fakta yang ada nanti bisa ditanyakan yang sudah tingkat penyidikan di sana ke Pomal," kata Direktur Penyidikan Puspomad Kol Cpm Kemas Ahmad Yani di Mabesad, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis 26 Juni 2020.

"Karena yang kami sampaikan di sini adalah fakta awal, awalnya adalah tentang masalah OTT jadi kami sejak ada informasi kejadian kami turun ke lapangan untuk mencari maupun penyelidikan dan sebagainya," sambungnya.

Kemas melanjutkan, setelah diketahui pelakunya adalah oknum Marinir TNI AL, maka secara kewenangan proses penyelidikan lebih lanjut mengenai kasus ini ada di Puspomal. Nantinya pihak Puspomal yang berwenang menjelaskan latar belakang dan motif pelaku dalam peristiwa tersebut.

"Setelah diketahui pelakunya, kita akan dorong dan memperkuat penyidik Puspomal sebagai bahan untuk ditindaklanjuti dan dikembangkan. Semoga prosesnya tetap sesuai hukum yang ada dan pengadilan," jelasnya.

Puspomad sendiri menduga pelaku yang menewaskan Serda Saputra bukan hanya Letda RW. Meski demikian, pihaknya akan menunggu pengembangan dan penyelidikan yang dilakukan Puspomad.

Jika nantinya ada pelaku sipil yang terlibat, TNI AD akan menyerahkan penanganannya ke Polres Metro Jakarta Barat.

Letda RW menurut Kemas kini sudah ditahan di Puspomal, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Oknum perwira ini akan diproses sesuai hukum di lingkungan TNI. Artikel ini sudah tebrit di detik.com