Sudah Tua, Buaya yang Diduga Peliharaan Adolf Hitler Mati di Kebun Binatang

Buaya-Saturnus.jpg
(Moscow Zoo)

RIAU ONLINE, BERLIN-Saturnus, seekor buaya yang diduga koleksi peliharaan milik Adolf Hitler mati di kebun binatang Berlin, Jerman mati dalam usia 84 tahun. Saturnus sempat selamat dari serangan bom Berlin tahun 1943 pada masa Perang Dunia II.

Seperti dilansir AFP, Sabtu 23 Mei 2020 buaya ini bernama Saturnus. Matinya Saturnus menjadi momen menyedihkan bagi kebun binatang Berlin. Pasalnya, jarang sekali ada buaya spesies Mississippi yang hidup hingga mencapai usia 50 tahun.


Dilahirkan di Amerika Serikat pada tahun 1936, Saturnus dipindahkan ke kebun binatang Berlin untuk dievakuasi pada 23 November 1943, setelah serangan bom yang menewaskan beberapa rekan reptilnya.

Pada tahun 1946, ia ditemukan oleh tentara Inggris yang menyerahkannya ke pihak berwenang Soviet. Kata pihak kebun binatang, keberadaannya selama tiga tahun terakhir adalah "sebuah misteri".

 

Ketika Saturnus dibawa ke Moskow pada Juli 1946, lanjut pihak kebun binatang, desas-desus mulai beredar bahwa ia telah menjadi bagian dari koleksi hewan pribadi dari diktator Jerman, Adolf Hitler.

Menjaga Saturnus, yang merupakan hewan pemilih makanan dan suka dipijat, telah menjadi "kehormatan" bagi kebun binatang itu.

"Dia datang kepada kami setelah kemenangan" atas Nazi Jerman, katanya, "dan merayakan ulang tahun ke 75 kemenangan itu bersama kami".

"Merupakan kegembiraan yang besar menghabiskan bertahun-tahun bersama Saturnus. Kami harap kami tidak mengecewakannya," tulis pihak kebun binatang Berlin dalam pernyataannya. Artikel ini sudah terbit di Detik.com