Setiap Hari Berpenghasilan Rp 1500, Kakek Tono Makan Kerupuk Ganjal Lapar

Kakek-Pemulung.jpg
(Instagram)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Tono seorang pemulung berusia 70 tahun mengisahkan sekelumit perjalanan hidupnya. Video itu menarik perhatian warganet lantaran penghasilan kakek tersebut yang hanya Rp 1.500 meskipun bekerja sehari penuh.

Dibagikan oleh akun Twitter @sandy_adul pada 5 Mei, video berdurasi 43 detik itu merekam percakapan antara kakek penjual barang bekas tersebut dengan seorang lelaki. Dalam percakapan tersebut, sang kakek merasa uang Rp 1.500 yang didapatnya termasuk nominal yang besar dan dapat membeli air mineral atau kerupuk.


"Abah pendapatan suka dapat berapa?" tanya suara lelaki yang merekam video tersebut dalam bahasa Sunda.

"Ah paling 1.500-2.000 per hari," jawab kakek itu.

"Cukup untuk makan itu 1.500?" tanya lelaki itu lagi.

"Cukup untuk beli air minum saja," jawab sang kakek.

"Makannya?" tanya lelaki tersebut.



Kakek itu kembali menjawab, "Makannya gimana nanti saja. Terkadang makan, terkadang tidak."

"Ini dari penghasilan 1.500," ulang lelaki itu.

"Besar itu tuh menurut abah mah. Bisa beli kerupuk," jawab sang kakek.

Setelah ditelusur, video tersebut awalnya diunggah oleh akun Instagram @silihasahsilihasihsilihasuh pada 4 Mei. Menurut keterangan, kakek tersebut bernama Tono dan berumur 70 tahun.

"Kali ini team bertemu dengan sosok abah tangguh yang tidak mengeluh untuk menjalani hidup dengan penghasilan tidak seberapa. Ketika team sedang menuju jalan Ketapang, tidak sengaja bertemu abah sedang memikul karung rongsokan. Team langsung menghampiri abah dan sedikit berbincang dengan abah," tulis pemilik akun Instagram tersebut dalam kolom keterangan.

Unggahan yang telah disukai sebanyak lebih dari 18 ribu itu pun menuai beragam komentar. Baik warganet pengguna Twitter maupun Instagram ingin memberikan donasi kepada kakek tersebut.

"Abah semoga dilimpahkan rejekinya, disehatkan badannya," tulis akun @winarwinnerr.


"Harus bersyukur dengan keadaan kita sekarang yang bisa tidur enak, makan enak. Bukannya memikirkan buat kemauan buat beli ini itu. Abah memikirkan besok makan gimana? Tidur dimana? Ya Allah semoga dilancarkan rezekinya buat abah," komentar @temensejatiii.

"Videonya dari sini gengs, silahkan dicek di Instagramnya, barang kali ada yang mau donasi atau info lebih lanjut," ungkap akun @nkrtkp seraya mencantumkan Instagram @silihasahsilihasihsilihasuh.

"Ih ya Allah mau nangis, 1.500 udah banyak bagi abahnya padahal buat beli minum aja udah abis itu," cuit @awokwokowk.

"Pengen nangis, aku kadang makan masih suka dibuang-buang. Bapaknya minum air sama kerupuk aja udah bersyukur banget. Semoga selalu sehat dan dilimpahkan rejeki pak," tambah @mayvita97.

Artikel inu sudag terbit di Suara.com