Manut Pemerintah, UAS Tolak Hadiri Undangan Tablig

Ustad-Abdul-Somad2.jpg
(detik.com)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Ustaz Abdul Somad atau menolak menghadiri tablig akbar setelah pemerintah mengeluarkan imbaun untuk menghindari keramaian. UAS juga batal ceramah di tabligh akbar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang dalam perayaan HUT Pandeglang 2020. 

Pembatalan setelah adanya himbauan dari pemerintah untuk menunda kegiatan yang melibatkan orang banyak setelah mewabahnya COVID-19 di beberapa daerah termasuk di Banten.

Kabag Humas Pemkab Pandeglang Tb Nandar Suptandar mengungkapkan, rangkaian kegiatan HUT Pandeglang yang kerap digelar tiap 1 April ditiadakan. Pihaknya belum mengetahui apakah paripurna istimewa HUT Pandeglang yang dilakukan atau tidak oleh DPRD.

"Kegiatan ditiadakan, tinggal kita tunggu satu acara lagi yaitu paripurna di DPRD karena itu domainnya di DPRD. Tapi kalau kegiatan tablig akbar dengan Abdul Somad, ramah tamah, pagelaran seni budaya dan roudshow juga akan dibatalkan," kata Nandar di Gedung Setda Pandeglang, Kamis 19 Maret 2020.

Nandar mengatakan, rangkaian kegiatan HUT Pandeglang sangat panjang sehingga ada sejumlah kegiatan yang dibatalkan dan ada juga yang di alihkan waktu ke Mei. Yang jelas kegiatan ziarah ke makam pahlawan dipastikan ditiadakan sebab biasanya kegiatan ini dilakukan akhir bulan Maret atau 1 April.

"Ada yang ditunda ada yang dihilangkan. Kalau ziarah itu kan sudah tradisi biasanya 31 maret atau tanggal 1 April. Karena rangkaian kegiatan ini sangat panjang bisa dialihkan ke bulan Mei," jelas Nandar.

Dibatalkannya acara tablig akbar yang dihadiri oleh UAS juga disampaikan oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita. Menurutnya, pasca mewabahnya COVID-19 banyak keputusan yang harus diambil secara bijaksana agar tidak mendapatkan masalah baru termasuk keputusan membatalkan acara tablig akbar.


"Bukan ditunda tapi di batalkan. Ustaz Abdul Somad sudah menyampaikan stetmennya di setiap tempat ditunda," ungkap Irna.

Irna memang telah mengumumkan dalam postingan akun Instagram @irnadimyati terkait pernyataan lewat potongan video yang disampaikan UAS. Ia tidak bisa mengisi acara pasca adanya imbauan dari pemerintah pusat hingga daerah untuk menghindari kerumunan massa sebagai upaya pencegahan penularan virus Corona.

"Assalamualaikum Wr Wb. Menindaklanjuti himbauan dunia internasional, pemerintah pusat, provinsi, kabupaten kota, kampus sekolah dan institusi agar menghindari kerumunan massa, tidak ada kontak langsung. maka saya tidak dapat mengisi jadwal-jadwal dalam waktu dekat ini sejak 16 Maret 2020 hingga batas waktu yang tidak ditentukan, hingga kembali kondusif. semoga dapat memaklumi mohon maaf Wassalamu'alaikum Wr Wb," ungkap UAS di Instagram Irna.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com