Canggih, Jalan Malioboro Disemprot Disinfektan Menggunakan Drone

Penyemprotan-disinfektan-menggunakan-drone-di-Malioboro.jpg
(kumparan)

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Jalan Malioboro di Kota Yogyakarta disemprot disinfektan menggunakan drone milik  komunitas drone Yogyakarta, Jumat 20 Maret 2020.


Koordinator Remote Pilot Fasi DIY, Kristianus Nugroho Budiantoro, mengatakan bahwa kegiatan ini mendapat dukungan langsung dari TNI AU dan Sekda DIY. Sebagai pilot drone pihaknya juga ingin ikut ambil bagian dalam pengurangan risiko penularan wabah corona.


"Hari ini bawa tiga (drone), yang terbang satu dulu untuk trial. Beberapa hari ke depan kita melalukan hal yang sama. Satu drone 10-20 liter," kata Nugroho. 

Nugroho menjelaskan, dalam percobaan tersebut drone terbang hingga 300 meter dalam sekali penerbangan. Ketinggian drone mencapai empat sampai lima meter.


"Ini jenis hexacopter. Kita cairan resmi dari BPBD DIY. Yang kita gunakan yang 10 liter bisa mencapai 1 hektare dengan waktu 15 menit. Ini merupakan drone spray pertanian cuma kami modif. Kami pengin berperan serta aktif membantu pemerintah," ujarnya. 

Dia menjelaskan bahwa pilot drone yang menerbangkan drone ini merupakam pilot-pilot besertifikat. Sehingga dijamin aman. 
Sementara itu, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa pihaknya ingin seluruh masyarakat di DIY termasuk komunitas-komunitas bersama-sama untuk melakukan pembersihan. Jika perlu juga melakukan disinfektan.

 Penyemprotan disinfektan di Malioboro

Penyemprotan disinfektan menggunakan drone di Malioboro Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan

Dia menjelaskan penyemprotan dengan drone di Malioboro diperlukan untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau seperti tempat-tempat ketinggian.


"Penggunaan drone menjadi alternatif untuk tempat tempat yang tidak memungkinkan. Tapi tentu juga karena drone dirasa efektif lebih mudah jadi nanti saya kira bisa terus menerus," ujarnya.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com