Pelawak Ini Hidup dengan Satu Paru-paru

Komedian-Bopak-Castello-saat-menjalani-uji-DNA-di-Lembaga-Eijkman-RSCM.jpg
((suara.com/Ismail))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Akibat sakit dan tidak bisa disembuhkan, Pelawak Bopak Castello telah hidup dengan satu paru-paru saja sejak 2019 . Meski begitu, dia memastikan kalau kesehatannya sudah berangsur membaik.

 Walau tak ada kemungkinan untuk sembuh total, Bopak Castello tetap berusaha meringankan sakitnya dengan mencoba berbagai metode pengobatan. Pengobatan paru-paru itu diupayakannya dari jalur medis hingga non medis.

"Kita minum-minum jamu aja, itu enak. Sempat kita berobat secara gaib, non medis, supranatural, ada efeknya, tapi intinya kan semua sugesti," ungkap Bopak Castello di kawasan Kapten P. Tendean, Jakarta Selatan, Selasa 4 Februari 2020.

Dia juga mengonsumsi obat untuk mencegah agar tidak kena virus tuberculosis. Tak lupa, dia pun rutin minum ramu-ramuan rebusan alami.

"Selalu minum obat alami juga kayak kita minum daun salam, sereh, itu ternyata bagus, sirsak, madu. Itu kita lakonin semua. Makanya kita happy aja terus," kata Bopak Castello.

Terlepas dari itu, Bopak Castello mengatakan ada hikmah yang didapat dari sakit paru-paru yang dialaminya itu .

"(Sakit ini) buat Bopak lebih waspada tentang lingkungan, pola hidup, jadi lebih bijak kita memilih," tutup Bopak Castello.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com