Durian dari Pontianak Ini Punya Ukuran Sebesar Galon Air Minum

Durian-raksasa.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PONTIANAK-Durian motong adalah jenis durian yang terkenal dengan ukurannya yang besar.  Durian ukuran  jumbo tersebut juga bisa didapatkan di Desa Sempalai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Pontiakan. Durian yang memiliki berat 11 kilogram. itu ditanam oleh Urai Erni, warga di Desa Sempalai.


Saat dipanen, durian tersebut seberat 11 kilogram. Dengan berat tersebut membuat durian montong itu lebih berat dan lebih besar dibanding durian pada umumnya.


“Itu durian yang 11 kilogram. Dalam 1 batang banyak durian-durian lain. Namun beratnya ada yang 5 kilogram dan seterusnya,” jelas Didit, warga Desa Sempalai kepada Hi!Pontianak, Sabtu 25 Januari.


Durian 11 kilogram tersebut tumbuh berbeda, karena bibit yang ditanam sebelumnya merupakan bibit yang cukup besar. “Bibit yang ditanam memang bibit jumbo,” ungkapnya.


Memiliki citarasa yang manis dan bertekstur daging durian yang lembut, durian tersebut akan dijajakan hingga keluar Kalbar. “Sementara masih dijual di desa, dan sekarang sudah ada juga dikirim ke Kuching. Yang dikirim kisaran 5 hingga 7 kilogram,” paparnya.


Durian montong seberat 11 kilogram tersebut dibanderol dengan harga Rp 40 ribu per kilogram. “Dijual dengan harga Rp 40 ribu per kilogram,” tukasnya.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com