Kebakaran Lahan Gambut Terjadi di Bengkalis

karhutla-gambut.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) kembali terjadi di Pulau Bengkalis, Kabupaten Bengkalis Riau.

Polisi langsung melakukan penyelidikan penyebab kebakaran yang terjadi di kebun masyarakat Jalan Patimura Desa Palkum, Kecamatan Bengkalis, Jumat 24 Januari 2020 kemarin.

Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto mengatakan pihaknya telah mendatangi lokasi dan melakukan pemadaman serta pengontrolan lokasi.

"Luas lahan terbakar lebih kurang 0.5 Hektar di lahan gambut, semak dan belukar," katanya melalui Kapolsek Bengkalis, AKP Meitertika, kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat malam.

Meitertika menambahkan, upaya pemadaman dilakukan Personil Polsek Bengkalis juga dibantu personil TNI (Koramil 01 Bengkalis), BPBD Kabupaten Bengkalis, Regdam PT RRL, MPA Desa Palkun dan Desa Sekodi.

"Saat ini dapat terkontrol 70 % dan selanjutnya masih dilakukan upaya pendinginan," ungkap Meitertika.

Diakui Meitertika, meski dalam keadaan aman dan terkendali, tidak menutup kemungkinan api akan hidup kembali karena situasi cuaca tidak menentu (angin bertiup kencang dan hujan belum turun).

"Sementara ini, sumber air minim di area Karhutla sudah di buat 3 embung," terangnya.

Selanjutnya, kasus ini sudah dilakukan proses Penyelidikan dan Penyidikan dipimpin Kasat Reskrim Polres Bengkalis AKP Andrie Setiawan SIK beserta anggota Reskrim Polres Bengkalis dan Kanit Reskrim Polsek Bengkalis Aipda Dedi Suryadi beserta Anggota Reskrim Polsek Bengkalis.