PT Arkadia Digital Media Launching Kantor Baru SuaraJogja.id

PT-Arkadia-Digital-Media-Tbk-resmi-meluncurkan-SuaraJogja.id.jpg
(Suara.com)

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Salah satu situs berita terbesar di Indonesia, Suara.com melalui PT Arkadia Digital Media Tbk baru saja mengukuhkan jaringannya di daerah. Salah satu yang baru saja dilaunching yakni portal Suarajogja.id, Kamis 16 Januari 2020.

Acara tersebut juga digelar untuk menandai peresmian logo serta kantor baru Suarajogja.id yang bertempat di Jalan Prayan I, Soropadan, Condongcatur, Sleman, DI Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Pimpinan Redaksi Suara.com Suwarjono membeberkan tiga tujuan PT Arkadia Digital Media Tbk, yang salah satunya dipusatkan di wilayah Yogyakarta.

Suwarjono mengatakan kantor Suarajogja.id merupakan bagian dari proyek perintis yang nantinya juga direncanakan hadir di beberapa kota lainnya di wilayah Indonesia.

"Pengembangan ini kami melakukan di Yogyakarta dan beberapa kota lain. Kebetulan di Yogyakarta (SuaraJogja.id--red) ini adalah pilot project-nya dan kami sudah menyiapkan yang lain juga, nantinya ada beberapa kota, tapi untuk sementara Yogyakarta biar beres dulu," ujar Suwarjono.

Tujuan ke-dua membangun media di berbagai daerah agar bisnis media berkelanjutan. Suwarjono mengajak seluruh media massa, terutama di Yogyakarta untuk berkelindan dan berkomitmen menjaga kelangsungan usaha, berkembang dan meningkatkan kerjasama, agar tumbuh dan maju bersama.


"Kami pastikan juga teman-teman (media) yang ada di sini, kita komitmen sama-sama bagaimana menjaga kelangsungan usaha tidak hanya sekadar berkembang, tapi juga secara sustainable. Ini penting di tengah gempuran media berbasis platform dan media sosial," tutur Suwarjono.

Tujuan ke-tiga yakni bagaimana PT Arkadia Digital Media Tbk khususnya Suarajogja.id menghadirkan value atau manfaat, bukan cuma untuk pembaca melainkan juga masyarakat sekitar.

"Bagi masyarakat menjaga nilai-nilai jurnalisme, menjadi media yang kredibel. Sedangkan bagi masyarakat sekitar bisa ikut membantu literasi atau melek media. Mudah-mudahan harapannya begitu, jadi value kami itu juga untuk komunitas-komunitas di Yogyakarta dan sekitarnya," lanjutnya.

Sementara Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Yogyakarta Anton Wahyu Prihartono menyuarakan kolaborasi seluruh media, terutama di Yogyakarta untuk menjadi media digital yang memberikan informasi sehat kepada masyarakat.

"Tentu saja kita nanti akan bersama-sama memegang teguh kode etik jurnalistik dan juga undang-undang pers dan efeknya juga menjadi bagian dalam memerangi hoaks sehingga asupan-asupan atau informasi-informasi yang kita sajikan merupakan informasi-informasi yang sehat, informasi yang bermanfaat bagi pembaca kita dan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat juga," tutur Anton Wahyu yang juga Pemimpin Redaksi Harian Jogja.

Untuk diketahui, saat ini Perseroan memiliki tiga anak perusahaan, masing-masing yaitu PT Arkadia Digital Media (AMN) yang mengelola Suara.com dan mengembangkan Suara.com Regional.

PT Mata Media Nusantara (MMN) yang mengelola Matamata.com (portal selebriti dan hiburan), Bolatimes.com (sepak bola dan olahrga) dan Hitekno.com (teknologi dan gadget).

Serta PT Integra Archipelago Media (IAM) yang mengelola portal-portal seperti Dewiku.com (perempuan), Mobimoto.com (otomotif dan motorsport), Guideku.com (travel dan kuliner) dan Himedik.com (kesehatan dan medis).

Unit usaha lainnya adalah Arkadia Production dan Arkadia Event, ditambah portal e-commerce Serbada.com yang baru meluncur November 2019.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com