Raja Jogja Tersenyum saat Ditanya Soal Keraton Agung Sejagat: Kok Takon Aku

Sri-Sultan-HB-X-dan-GKR-Hemas.jpg
(gkrhayu)

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Seorang pria bernama Totok Sentosa Hadiningrat biki heboh Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Totok mengaku adalah raja dari Keraton Agung Sejjagat.

Sebelumnya dia juga pernah bikin heboh warga Jogja karena mengaku mampu mencairkan dana jutaan dolar dari bank Swiss.

 

Mereka juga mengklaim sebagai kerajaan baru usai 500 tahun berakhirnya imperium Majapahit. Adalah Totok Santoso Hadiningrat yang mengaku menjadi pimpinan. Dia mengaku sebagai juru damai agung dan Rangkai Mataram Agung.


Raja Keraton Yogyakarta yang juga Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X irit bicara saat ditanya wartawan soal kemunculan kerajaan di Purworejo itu.


Namun, dari mimik muka Ngarsa Dalem, dia tampak cuek mendengar pertanyaan yang terlontar dari awak media saat di Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Jalan Kaliurang Km 14,5, Kabupaten Sleman.


“Lho ora ngerti aku, kok takon aku (enggak tahu aku. Kok nanya aku),” singkat Sultan sembari tersenyum, Selasa 14 Januari 2020
Sebelumnya, Polda Jawa Tengah mengirim personel ke Purworejo untuk klarifikasi soal Kerajaan Keraton Agung Sejagat. Polisi akan mengumpulkan keterangan guna mencari tahu keabsahan kelompok tersebut.


Hal itu disampaikan Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel usai Sertijab Kapolrestabes Semarang dan jajaran Kapolres Jateng di Semarang. Pihaknya mengaku sedang mempelajari perihal tersebut.


"Kami sudah dapat informasi dari warga, Kapolres Purworejo bersama dengan jajaran intelijen, reserse kriminal umum sudah mempelajari apa yang terjadi di Purworejo sehubungan dengan adanya deklarasi pembentukan Keraton Agung sejagat di Purworejo yang dipimpin oleh saudara Totok Sasongko," kata Rycko, Selasa (14/1).

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com