600 Rumah di Rancaekek Disapu Puting Beliung, Warga Ngungsi ke Masjid

Ilustrasi-puting-beliung.jpg
(internet)

RIAUONLINE, BANDUNG - Ratusan rumah di Rancaekek, Jawa Barat disapu angin puting beliung. Tepatnya di perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Bandung , Jawa Barat pada Jumat 11 Januari 2019 sore.

Kebanyakan rumah yang terkena dampak puting beliung itu mengalami kerusakan di bagian atapnya. Genting rumah berserakan di beberapa ruas jalan komplek Rancaekek Permai 2.

Terlihat beberapa rumah mengalami kerusakan yang cukup berat. Terjangan angin puting beliung membuat dinding dan sebagian rangka atas rumah roboh.

Selain itu, akibat guyuran hujan yang cukup besar, beberapa ruas jalan di komplek itu tergenang air dengan ketinggian mencapai betis orang dewasa. Tidak berfungsinya drainase membuat air menggenangi beberapa ruas jalan di sana.

"Di sini daerahnya sangat rendah dan drainasenya kurang bagus, kemarin mungkin perencanaan depelovernya kurang baik, harusnya ada penampungan air, sehingga beberapa ruas jalan tergenang banjir," kata Camat Rancaekek, Baban Banjar, Sabtu 12 Januari 2019.

Saat ini, warga tinggal di Masjid Al Muhajirin dan Al Ikhlas yang dijadikan tempat pengungsian.

Selain dijadikan tempat pengungsian, dua masjid itu juga menjadi dapur umum dan posko kesehatan bagi warga yang terkena dampak bencana angin puting beliung itu.


Petugas gabungan dari Basarnas, BPBD Kabupaten Bandung , TNI, kepolisian hingga petugas dari Kecamatan Rancaekek sibuk menyalurkan bantuan sembako untuk warga yang terkena dampak angin puting beliung.

Camat Rancaekek, Baban Banjar mengatakan, kebanyakan warga enggan pindah ke tempat pengungsian dan memilih bertahan di rumah yang terkena amukan puting beliung.

"Memang yang terkena kerusakan ringan memilih untuk tetap tinggal di rumah masing-masing," kata Baban.

"Untuk jumlah pengungsi data terakhir semalam ada sekitar 200 jiwa. Kebanyakan memaksakan tinggal di rumah masing-masing, tapi nggak tahu kalau nanti hujan lagi, kemungkinan akan pada ke sini," lanjutnya.

Menurutnya tidak ada korban meninggal dunia dalam bencana itu. Hanya ada dua orang warga yang mengalami luka berat dan kini sedang dalam perawatan di RS Al Islam, Bandung.

"Korban jiwa tidak ada sampai meninggal cuma luka berat ada 2 orang sudah dibawa ke Al Islam. Kalau yang luka ringan ada sekitar 100 orang," tukasnya.

Tulisan ini sudah tayang di Suara.com dengan judul "Rancaekek Disapu Puting Beliung, Ratusan Orang Luka dan 600 Rumah Rusak"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id