Miliki Gedung Baru, Bagaimana Nasib Gedung Lama KPK?

RIAU ONLINE, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja meresmikan pembukaan gedung barunya di Jalan Kuningan Persada atau tidak jauh dari gedung lama KPK di Jalan Rasuna Said Kavling C1, Jakarta Selatan. Rencananya, gedung baru tersebut akan mulai digunakan pada Maret 2016. 

Lantas, bagaimana nasib gedung lama KPK yang sudah 12 tahun berdiri itu?

Pelaksana harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati mengatakan, rencananya gedung lama KPK akan digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang disebut "Akademi Antikorupsi".

"Itu semacam training center tapi tidak hanya untuk KPK. Bisa dimanfaatkan untuk kementerian atau lembaga lain dan publik yang ingin belajar tentang antikorupsi," ujar Yuyuk seperti dikutip dari laman kompas.com, Rabu (30/12/2015). (Baca Juga: Gedung Baru KPK Senilai Rp 315 Miliar Diresmikan)

Namun, rencana tersebut belum dibicarakan secara matang. Masih perlu ada oembahasan lanjutan mengenai penggunaan gedung lama KPK. 

Jika "Akademi Antikorupsi" jadi dibentuk, kata Yuyuk, rencananya tenaga pengajar tak hanya berasal dari internal KPK. "Rencananya selain dari KPK dan alumni, juga dari beberapa mitra KPK," kata Yuyuk.


Yuyuk mengatakan, pada Maret 2016 nanti, tidak secara keseluruhan unit di KPK langsung dipindahkan ke gedung baru. Beberapa pegawai yang kini menunpang di gedung Badan Usaha Milik Negara akan pindah terlebih dahulu ke sana.

"Secara bertahap mulai Maret yang pindah duluan yang sekarang lokasi kerjanya di kementrian BUMN dulu," kata Yuyuk.

Sementara, unit sisanya, termasuk kedeputian dan pimpinan KPK akan pindah ke gedung baru dalam semester pertama tahun 2016.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkapkan penerapan konsep smart building untuk gedung baru KPK. 

Konsep ini, menurut dia, diwujudkan dengan penggunaan sistem keamanan terintegrasi berupa surveillance camera, access control, visitor management system and guard tour.

Selain itu juga dilengkapi building otomation system untuk mengendalikan aktivitas peralatan utama dan penunjang di dalam gedung.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline