Inilah Daftar Kunjungan Menteri Siti Nurbaya ke Riau

Indeks-Standar-Pencemaran-Udara-ISPU-Sudirman.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/LISDA YULIANTI HERNINA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Usai dilantik sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) oleh Presiden Joko Widodo, Siti Nurbaya langsung tancap gas. Di antaranya, mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI ini, lebih sering melakukan kunjungan kerja ke Riau dibandingkan menteri lainnya. 

 

Kunjungan kerja politisi Nasdem itu bertujuan mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau dan penanganan gambut. Namun, seringnya Menteri Siti Nurbaya ke Bumi Lancang Kuning, ternyata tak mampu mencegah kabut asap pekat dengan kualitas udara tidak sehat selama sepekan ini. 

 

(Baca Juga: Walhi: Sia-sia Menteri Siti Sering ke Riau

 

Berdasaran penelusuran RIAUONLINE.CO.ID, Menteri Siti Nurbaya sudah enam kali berkunjung ke Riau, termasuk dengan mendatangkan Presiden Jokowi ke Sungai Tohor, Kepulauan Meranti. Berikut daftar kunjungan mantan Sekjen Kementeri Dalam Negeri (dulu Depdagri) ke Riau:

 

1. Selasa, 18 November 2015. Dalam kunjungan pertama kali ke Riau sebagai menteri, Siti Nurbaya didampingi beberapa petinggi Polri untuk memantau hutan di Riau yang terbakar. Dengan menggunakan helikopter dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Siti menuju Kabupaten Meranti, tempat PT National Sago Prima beraktifitas. 

 

Selain itu, kunjungan perdana ini juga mendapat sorotan karena kedatangan Siti Nurbaya diikuti aktivis pegiat lingkungan (NGO) asing, seperti Greenpeace dan lokal, Walhi. Tak ayal ini memunculkan tudingan telah diboncengi kepetingan asing. 

 

2. Sepekan kemudian, Rabu, 26 November 2014, Menteri Siti Nurbaya Bakar, kembali ke Riau guna mendampingi Presiden Joko Widodo. Presiden secara khusus melihat bekas-bekas Karhutla di Kabupaten Meranti.  

 

3. Senin, 16 Februari 2015. Menteri Siti Nurbaya menyaksikan secara langsung peluncuran Pergub No 5/2015 tentang Pelaksanaan Rencana Aksi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau. 

 

4. Sabtu, 28 Maret 2015, Siti Nurbaya menjadi pembicara pada Seminar Nasional Karhutla di Aditorium Sutan Balia, Universitas Riau. 

 

5. Rabu, 6 Mei 2015, agenda Moratorium Penggunaan Lahan Gambut serta menetapkan Status Siaga Darurat Karhutla hingga Oktober 2015 di Riau. 

 

6. Senin, 8 Juni 2015, kembali Menteri LHK Siti Nurbaya datang ke Pekanbaru guna mendampingi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam), Tedjo Edhy Purdijatno. Malah, Menteri Siti menginap semalam dan baru Selasa siang ia meninggalkan Pekanbaru usai tinjauan dari udara menggunakan helikopter. 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline