Meranti Disorot Lagi, Camat dan OPD Tak Hadiri Rakor Kades Se-Riau

Wakil-Bupati-Kep-Meranti.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti kembali menjadi sorotan. Pasalnya, sejumlah Organisasi (OPD) hingga camat dari Kabupaten Kepulauan Meranti tak hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Desa (Kades) se-Provinsi Riau, Kamis, 1 Desember 2022.

Wakil Bupati Meranti, AKBP (Purn) H Asmar, tak menampik ketidakhadiran sejumlah kadis dan camat di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti dalam rapat tersebut. 

Kendati begitu, Asmar, menyebut ada 91 kepala desa dari Kepulauan Meranti yang memadati rakor di SKA Co Ex, Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru itu.

"Ada empat OPD dan juga camat yang tidak hadir, saya tidak bisa memberi komen lebih jauh atas ketidakhadiran tersebut," katanya seusai acara. 

Selain itu, ada kepala desa lainnya yang absen dalam rakor tersebut. Menurut Asmar, kemungkinan yang bersangkutan berhalangan untuk menghadiri rakor hari ini.


"Kalau pak camat, OPD, saya tidak komen ya sampai sekarang ini camat tidak ada kelihatannya. Pak camat dan OPD tidak hadir, saya tidak bisa konform tidak tahu. Mungkin, katanya, ada bencana alam, mungkin kayak gitu, tapi alhamdulillah kepala desa hadir semua kan," terangnya.

Kehadiran Asmar selaku Wakil Bupati Kepulauan Meranti dalam rakor kepala desa se-Riau itu lantaran mendapatkan undangan khusus dari Gubernur Riau, Syamsuar.

"Yang jelas saya datang sekarang ke sini adalah undangan khusus dari pak gubernur lewat PMD Provinsi Riau,” katanya.

Selain itu, kata dia, kehadirannya juga berkaitan dengan pembangunan sejumlah desa di Kepulauan Meranti.

"Saya berpendapat kedatangan saya ini adalah untuk membangun Meranti untuk meminta kepada pusat maupun kepada provinsi, tolong bantu kami dalam arti membangun desa-desa yang sekarang sangat miskin ya," tukasnya.

Melalui rakor yang turut dihadiri Wakil Menteri Desa (Wamendes), dan Gubernur Riau, Asmar, berharap dapat membawa desa di Kepulauan Meranti menjadi lebih maju.

Selain itu, kabar baik terkait akan diluncurkannya anggaran besar untuk desa, Asmar harap dapat membantu desa-desa yang ada di Kepulauan Meranti dan se-Provinsi Riau. 

"Saya selaku wakil bupati berharap, kita ketepikan dulu masalah politik, kita bangun dulu Meranti, jangan politik politik, nanti kabupaten kota, kecamatan, dan desa kita tak maju, kita ingin Meranti baik. Jadi saya minta kepada seluruh rekan yang ada di Meranti, tolong dulu bangun Meranti," ujarnya.